Resep Praktis Membuat Masakan Ayam Kalio

Resep Praktis Pembuatan Menu Ayam Kalio, Ayam kalio merupakan salah satu menu masyarakat Padang yang terkenal, eits tapi tak perlu deh anda repot-repot ke Padang hanya beli ayam kalio coba saja memasak menu ayam kalio sendiri di rumah. Berikut beberapa bahan yang harus anda persiapkan dan cara-cara memasak ayam kalio agar lebih lezat dan nikmat lagi.

Resep Praktis Membuat Masakan Ayam Kalio
1.      Bahan

Bahan untuk emmbuat ayam kalio yaitu satu ekor ayam kampung potong menjadi 8 bagian, santan kelapa 700 ml, dan minyak goreng.

2.      Bumbu halus

Bumbu halusnya antara lain bawang merah 4 buah, bawang putih 2 siung, cabe merah, jahe kira-kira 1 cm, kunyit kira-kira 2 cm, lengkuas 1 cm, asam kandis, dan garam.

Cara resep praktis membuat menu ayam kalio dengan mudah

1.      Tumis

Tumis bumbu yang dihaluskan bersamaan dengan asamkan di sehingga harum lalu masukkan ayamnya aduk saja hingga merata dengan bumbunya.

2.      Tuang santan

Tuang santan aduk hingga merata dengan bumbu tadi setelah sudah matang, angkat, dan hidangkan. Akan terasa lebih sedap lagi bila ditaburi bawang goreng.

Bedanya memasak kalio dengan memasak gulai apa ?

Bedanya memasak kalio dengan memasak gulai adalah saat anda memasak kalio maka bumbu ditumis dahulu lalu baru bahan-bahannya yang dimasukkan terakhir santan sedangkan gulai bumbu mentah dan santan dimasukkan dahulu. 

Resep cara membuat ayam kalio itu mudah sekali bahan utamanya adalah ayam tapi kalau anda ingin menggunakan daging sapi juga boleh-boleh saja.

0 komentar