Resep Gulai Sapi Dan Tips Cara Membuat Bumbunya

Resep Gulai Sapi Dan Tips Cara Membuat Bumbunya - Selepas beberapa hari kemarin kita sudah sibuk dengan aneka resep kambing istimewa Aidil Adha, kali ini saya akan mengajak teman teman untuk mencuba menu baru buat keluarga tercinta. Kali ini kita akan cuba resipi kaya rempah dengan bahan asas daging lembu, iaitu gulai daging lembu. Kalau melihat namanya pasti sudah tahu bukan bahawa resipi daging lembu ini diilhamkan dan menggunakan rempah kari yang pertama kali dijumpai di India. Dengan bumbu rempah rempah yang boleh dibilang cukup lengkap, resipi gulai daging ini rasanya memang enak dan lazat. Apalagi kalau resipi gulai lembu ini dimakan bersama nasi putih yang hangat dan dinikmati bersama keluarga tercinta di rumah. Kerana gulai daging ini banyak menggunakan rempah-ratus dan santan, buat teman teman yang mengalami gangguan perut seperti gastrik sebaiknya sedikit berhati hati dalam menyantap hidangan ini.

Resipi gulai daging ini memang sebenarnya tidak berasal dari negara kita. Resipi asalnya adalah dari resepi kari yang sudah diubahsuai dengan bumbu dan citarasa orang Indonesia. Seperti resipi asalnya, resipi gulai lembu ini juga banyak menggunakan rempah rempah rempah sehingga dari aromanya saja sudah boleh tercium kelazatan masakannya. Ditambah dengan santan dari parut asli buah kelapa, resipi gulai daging lembu ini memang sesuai sekali untuk dinikmati disaat cuaca lagi sejuk atau menu buat makan malam bersama keluarga tercinta.

Kerana resipi gulai daging lembu ini banyak menggunakan rempah gulai dari rempah rempah dan santan kental, makanya kuah yang dihasilkan juga cukup kental. Kalau masalah rasa sih resipi gulai lembu ini memang maknyus, tetapi buat teman teman yang kebetulan menderita saat ulu hati, sembelit atau gangguan lambung dan usus lain sebaiknya agak berhati hati ketika menyantap hidangan gulai ini. Pada umumnya, resipi gulai memang menggunakan pelbagai macam benda yg ada sehingga agak membimbangkan juga buat pesakit asam urat ataupun kolesterol. Tetapi kalau perlu, teman teman boleh menggunakan daging lembunya sahaja untuk membuat gulai sapinya tanpa menggunakan organ seperti babat, usus dan yang lain. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bumbu gulai apa saja yang diperlukan dan cara membuat gulai lembu yang cepat dan mudah dibawah ini.

Bahan bahan Resep Gulai Sapi Spesial

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi bagian has luar kurang lebih sebanyak 500 gram. Sebaiknya dicampur dengan jeroan sapi yang lain, seperti babat, usus dan lainnya. Daging sapi dan jeroan yang akan digunakan tidak perlu dicuci pakai air, cukup direbus saja untuk menghilangkan kotorannya. Potong potong kecil bentuk dadu.
  2. Lengkuas yang sudah dimemarkan kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  3. Kapulaga kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  4. Batang serai bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih lalu memarkan serainya supaya aroma dan sarinya keluar.
  5. Daun kunyit supaya aromanya lebih harum kurang lebih sebanyak 1 lembar aja. Cuci bersih lalu ikat daunnya supaya rapi dan mudah saat memasaknya.
  6. Daun jeruk yang masih segar kurang lebih sebanyak 5 lembar saja supaya lebih harum aromanya dan mengurangi bau amis khas daging.
  7. 1.5 buah kelapa parutan yang dibuat santan sebanyak 0.5 liter santan kental dan 1 liter santan encer.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2.5 sendok kecil.
  9. Cengkeh kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  10. Gula merah yang sudah disisir tipis kurang lebih sebanyak 2.5 sendok makan supaya rasa gulai sapinya lebih legit.
  11. Gula putih secukupnya kalau diperlukan.
  12. Minyak goreng atau margarin secukupnya untuk menumis bumbu gule sapi nya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  13. Air bersih secukupnya.

Bumbu Gulai Daging Sapi Enak Istimewa

  1. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 siung. Kupas kulit luarnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan dihaluskan.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas kulit luarnya lalu potong juga supaya mudah saat akan dihaluskan.
  3. Buah cabai merah besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 buah sampai 3 buah.
  4. Buah cabai merah keriting sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4 buah sampai 6 buah.
  5. Ketumbar kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  6. Kunyit ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja. Bakar kunyit sebentar sebelum dihaluskan bersama bumbu lain.
  7. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  8. Jintan bubuk kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  9. Jahe yang sudah dikupas kasar kurang lebih sepanjang 2 cm saja. Sebaiknya jahe juga dibakar sebentar untuk menghilangkan getahnya.

Cara Membuat Gule Sapi Istimewa Yang Mudah dan Cepat

  1. Langkah pertama kita rebus sapi dengan air mendidih untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Siapkan panci dengn air dan masak sampai mendidih. Begitu mendidih masukkan daging dan masak sampai daging agak empuk. Jangan lupa buang busa dan kotoran yang keluar lalu angkat dagingnya.
  2. Haluskan berbagai macam bumbu gulai diatas, seperti cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan yang lainnya sampai halus. Sebaiknya diuleg saja supaya aroma dan sari bumbunya keluar.
  3. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak goreng atau margarin kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  4. Masukkan bumbu gulai sapi yang sudah dihaluskan diatas dan aduk aduk sebentar supaya semua bumbu tercampur rata.
  5. Masukkan batang serai yang sudah dimemarkan, daun kunyit, kapulaga, cengkeh dan lengkuas yang sudah dimemarkan sebelumnya lalu aduk aduk kembali dan masak sampai tercium bau harum tumisan bumbunya.
  6. Tuang daging yang sudah direbus diatas ke dalam penggorengan dan aduk aduk kembali sampai semua bumbu tercampur dan dagingnya berubah warnanya.
  7. Masukkan santan encernya lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Tuang garam dapur beryodium dan gula merahnya lalu aduk aduk kembali sampai santannya mendidih.
  9. Setelah mendidih masukkan santan kentalnya lalu aduk aduk kembali sampai matang dan daging gulainya empuk.
  10. Cicipi dulu dan tambahkan garam dapur dan gula putih kalau diperlukan lalu angkat.
Selesai sudah resipi gulai lembu daging istimewanya. Cukup mudah bukan cara membuat gulai daging lembu diatas? Bumbunya memang sedikit lebih banyak, tetapi itu memang rahsianya yang membuat resipi masakan gulai berbahan daging lembu ini rasana lazat, enak dan kuahnya pekat. Teman teman juga boleh menambah bahan lain, seperti kentang, tomato atau lain supaya lebih berbeza.