Resep Ikan Kuah Kuning Khas Maluku

Resep Ikan Kuah Kuning Khas Maluku, Resep masakan ikan memang terdengar mudah sekali untuk dicoba, bagaimana dengan resep ikan kuah kuning khas Maluku yang satu ini. Seringkali banyak resto yang menyediakan menu spesialnya berupa ayam, daging, dan ikan. Kali ini kami lebih mengexpose kuliner khas Maluku dengan bahan utama ikan lautnya. Berikut Resep Ikan Kuah Kuning Khas Maluku selengkapnya.

Resep Ikan Kuah Kuning Khas Maluku
Bahan
  • Sediakan ikan tongkol 500 gram (bisa juga menggunakann ikan tenggiri dan cakalang).
  • Larutkan asam jawa dengan menggunakan air 50 ml lalu saring.
  • Minyak goreng secukupnya


Bumbu halus

Haluskan beberapa rempah seperti bawang merah 6 biji, bawang putih  5 siung, garam, dan cabe merah keritingnya 4 buah. Setelah sudah halus tambahkan ketumbar yang telah disangrai 2 sdt, merica, dan kunyit. Bila anda suka memakai penyedap rasa maka gunakan penyedap rasa cukup ½ sdt saja akan tetapi bila tak suka ya pakai garam saja. 

Bahan tambahan
  • Sediakan lengkuas 2 cm dan batang serai bagian putihnya 1 batang (digeprek/dimemarkan )
  • Daun jeruk 4 lembar, kemangi, dan daun salam 1 lembar.
  • Santan 600 ml setara dengan ½ butir kelapa
  • Gula pasir setengah sendol teh.


Cara membuat

Cara membuat masakan ikan kuah dengan bumbu kuning adalah
  1. Biasanya ikan dilumuri jeruk nipis agar tidak amis namun kali ini bukan air dari jeruk nipis yang digunakan tetapi justru air asam serta garam. Untuk emmastikan kekhasan rasanya nanti maka diamkan 10 menit kemudian tiriskan. 
  2. Tahap penggorengan ikan, panasi minyak lalu goreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan lalu tiriskan.
  3. Nah sisa minyak penggorengan tadi gunakan untuk menumis bumbu halusnya sertakan daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan batang serainya aduk hingga semua tercampur. 
  4. Sudah begitu harum baunya kini tinggal memberi santan serta gula pasir sambil diaduk hingga sedikit mendidih lalu masukkan ikan yang sudah digoreng tadi.  Begitulah cara membuat ikan kuah kuning tinggal menambahkan kemangi kedalamnya. Dijamin rasanya lezaat.

0 komentar