Resep Ayam Goreng Lezat Khas Sambal Cibiuk

Resep Ayam Goreng Lezat Khas Sambal Cibiuk, Resep masakan ayam goreng sambal cibiuk mencoba usir kebosanan anda. Ayam goreng memang bukan lagi menu spesial, sudah banyak resto yang menawarkan sajian tersebut. Eitss tetapi berbeda dengan menu berikut, khas dengan sambal cibiuk. Ingin segera coba membuatnya? Baiklah akan kami informasikan tata cara pembuatan Resep Ayam Goreng Lezat Khas Sambal Cibiuk  diantaranya ialah :

Resep Ayam Goreng Lezat Khas Sambal Cibiuk
Siapkan bahan utamanya
  • Ayam 1 ekor (potong sesuai selera) lalu cuci bersih.
  • Memarkan batang serai, lalu siapkan daun salam kira-kira 2 lembar.
  • Air kelapa 500 ml dan minyak goreng. 

Bumbu halusnya

Haluskan bawang putih 6 siung, bawang merahnya 12 biji, garam, dan lengkuas serta tambahkan gula merah sekitar 2 sdt. Ulek hingga halus (biasanya lengkuas hanya dimemarkan saja).
Sambal Cibiuk

Haluskan keseluruhan bahan dibawah ini
  • Cabe rawit 10 buah/lebih dan cabe merahnya 4 buah.
  • Terasi 2 sdm, gula 2 sdt, dan garam (secukupnya)
  • Bawang putih 2 siung
  • Oncom 4 sdm 
  • Kencur cm

Bahan tambahan

Tomat (dibelah) 6 buah, daun kemangi, dan air jeruk lemon

Cara memasak ayam sambal Cibiuk 

Cara membuat ayam goreng sambal Cibiuk mudah kok, pedasnya sambal Cibiuk bisa anda atur sendiri. Langkah pertama yang harus anda mulai ialah
  1. Mengolesi ayam dengan bumbu halusnya kurang lebih selama 30 menit. Tahap perendaman ini agar rasa ayam yang akan digoreng semakin khas. Tunggu sampai bumbunya meresap pada ayamnya.
  2. Masak ayam di panci dengan menambahkan air kelapa, serai, lalu daun salamnya. Masak hingga air kelapanya mengering. Tutup pancinya secara rapat.
  3. Goreng ayam tersebut hingga kecoklatan lalu tiriskan.
  4. Bila sambal sudah diulek hingga halus maka tinggal menambahkan tomat yang telah dipotong, daun kemangi, dan air lemon. 

Saran penyajian

Tata ayam diatas piring atau cobek lalu letakkan sambal diatasnya sambil ditekan agar memar dan sambalnya juga meresap. Bila takut kepedasan maka sajikan ayam dan sambal secara terpisah. Yuhuu yang paling nikmat adalah rasa ayamnya yang khas serta sambalnya yang pedas. Selamat mencobaa. 

0 komentar