Resep Spesial Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep Spesial Ayam Bakar Bumbu Rujak, Ayam bakar mungkin telah menjadi salah satu menu favorite para keluarga. Kali ini sajiannya sedikit berbeda dengan bumbu rujaknya, dijamin deh lebih terasa nikmatnya. Makanan khas Jawa Timur ini adalah salah satu makanan yang paling ternama lho khas dengan bumbu rempahnya cobain deh berikut bahan resep spesial ayam bakar dengan bumbu rujak serta cara pembuatannya. 

Resep Spesial Ayam Bakar Bumbu Rujak
Bahan utama

Ayam kampung 1 ekor, air jeruk nipis 1 buah, santan kental 600 ml, santan cair 400 ml, dan minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

Bawang merah 8 butir, bawang putih 4 siung, cabe merah keritingnya 10 buah, terasi ½ sdt, kemiri 3 butir, gula merah diiris sebanyak 2 sdm, air asam jawa, dan jangan lupa garamnya lalu haluskan. Siapkan juga serai yang telah dimemarkan, daun jeruk 3 lembar saja. 

Cara membuat ayam bumbu rujak
  1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya kira-kira selama 15 menit, eitss sebelum dilumuri jangan lupa sudah dicuci bersih dan dipotong sebanyak 4 hingga 6 bagian ya. 
  2. Tumis bumbu halusnya masukkan juga batang serai yang telah dimemarkan dan daun jeruknya, tumis hingga aromanya harum dan sedap. 
  3. Bila sudah menumis bumbunya hingga harus selanjutnya adalah memasukkan ayam. Tuangkan santan kental beserta santan cair lalu masak hingga setengah matang hingga santan menyusut dan ayam sampai empuk ya.
  4. Angkat ayam yang sudah ditumis dengan bumbu tadi lalu bakar. Olesi dengan bumbu santan tadi diatas bara api. 

Hmm aromanya sudah menggoda selera nih, pertanda ayam bumbu rujaknya sudah matang dan siap disajikan. Sajikan bersamaan dengan nasi putih yang hangat dan sambal goreng yang nikmat. 

0 komentar