Resep Soto Babat Sapi Empuk Dan Enak Serta Cara Membuatnya

Resep Soto Babat Sapi Empuk Dan Enak. Lembu memang salah satu haiwan yang pelbagai fungsi. Hampir semua bahagian dari tubuh haiwan ini boleh kita manfaatkan untuk kepentingan manusia. Sebut saja kulitnya, kakinya apalagi dagingnya. Salah satu yang akan kita buat kali ini adalah babat lembu. Ya, bahagian tubuh ini mungkin jarang sekali yang menggunakannya untuk membuat resipi masakan, tapi kali ini kita akan gabungkan dengan rempah soto menjadi soto babat lembu istimewa.

Dengan menggunakan rempah soto babat istimewa yang terdiri dari rempah rempah alami, resip soto babat atau beef tripe soup ini tidak kalah enak dan lazat lho apabila dibandingakan dengan resipi soto betawi, soto organ madura atau resipi lain. Untuk kali ini, kita akan membuat versi biasa, tetapi kalau mau, teman teman juga boleh membuat soto babat santan yang kuahnya lebih kental.

Babat lembu termasuk dari salah satu bahagian organ lembu yang banyak mengandungi kandungan pemakanan dan lemak. Buat teman teman yang belum terbiasa menyantapnya, melihat bentuk babat lembu mentah mungkin sedikit membuat geli. Ya, babat yang berasal dari bahagian perut badan lembu ini memang bentuknya mirip seperti tuala dengan warna sedikit gelap dan kelihatan tebal.

Untuk itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya resipi soto babat lembu yang akan kita buat nanti hasilnya sempurna dan empuk. Kalau cara membuat soto babatnya benar, resipi soto babat lembu ini rasanya tidak kalah kok dengan resipi soto lain. Apabila kalau kita menggunakan rempah soto babat yang lengkap, walaupun tanpa santan kuah sotonya tetap kental dan nikmat. Selain itu proses pengubahan babat yang akan kita gunakan untuk membuat soto babat betawinya harus benar benar diperhatikan supaya nanti hasilnya tidak pahit dan babatnya kelihatan bersih sehingga tidak membuat kita geli.

Kalau dibandingkan dengan penjual soto jenis lain, kedai soto babat ini memang lebih sedikit dan tidak mudah kita dapati. Kebanyakan kita mencari penjual soto ayam, soto daging, soto sulung ataupun yang lain. Oleh kerana itu, kalau kita boleh membuat sendiri soto babat lembu di rumah, tentu saja kita tidak perlu bingung mencari penjual kerana kita boleh membuat Resipi Soto Babat sendiri. Kekangan buat kebanyakan orang mungkin pemprosesan babat sapinya. Ya, memang tidak semua babat yang dijual di pasaran bersih. Seringkali kita dapati yang masih asli berwarna kehijauan dan perlu proses pengubahan yang benar supaya bersedia untuk digunakan.

Kerana babat lembu berasal dari bahagian dalam lembu atau organ, teksturnya memang tidak seempuk daging lembu. Untuk itu supaya menjimatkan masa, cara membuat soto babat lembu sebaiknya menggunakan periuk bertekanan tinggi atau pressure cooker supaya cepat empuk. Seperti resipi organ lembu lain, rempah soto babat ini juga banyak menggunakan rempah alami. Selain memberikan cita rasa yang khas, rempah rempah tersebut juga membantu menghilangkan bau khas organ yang biasanya masih melekat. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan bumbu apa saja yang diperlukan untuk membuat resipi soto babat lembu dibawah ini.

Bahan bahan Resep Soto Babat Sapi Istimewa

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah babat sapi kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3/4 kg. Cuci bersih babat dengan air mengalir (cara mencuci lihat dibawah).
  2. Serai ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih dan ambil bagian putihnya saja lalu memarkan supaya aromanya keluar.
  3. Daun jeruk purut yang masih segar kurang lebih sebanyak 4-5 pcs saja. 2 pcs untuk bahan tambahan merebus babat sapinya supaya tidak bau amis.
  4. Daun salam kurang lebih sebanyak 3-4 pcs saja. 2 pcs daun salam digunakan untuk bahan tambahan merebus babat sapinya supaya tidak bau.
  5. Daun bawang segar kurang lebih sebanyak 2-3 batang. Cuci bersih lalu iris iris sesuai selera.
  6. Daun bawang segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1-2 batang. Cuci bersih daun bawangnya lalu iris iris kecil (kurang lebih sepanjang 1 cm saja).
  7. Air bersih untuk merebus babat sapinya secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1.1 liter.
  8. Minyak sayur secukupnya untuk menumis bumbu soto babat atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  9. Tauge matang yang sudah diseduh dengan air panas secukupnya untuk bahan pelengkap saat dihidangkan (bahan pelengkap).
  10. Daun seledri segar yang sudah diiris iris secukupnya untuk bahan taburan (bahan pelengkap).
  11. Bawang goreng secukupnya untuk bahan taburan (bahan pelengkap).
  12. Buah tomat segar yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian (bahan pelengkap).
  13. Jeruk nipis beberapa potong (bahan pelengkap).

Bahan Bumbu Soto Babat Asli Daging Sapi

  1. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 5-6 pcs.
  2. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 2 cm saja.
  3. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  4. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  5. Merica butiran yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 1 sendok teh. Bisa diganti juga dengan merica bubuk sesuai selera.
  6. Kunyit kurang lebih sepanjang 2 cm saja.

Cara Membuat Soto Babat Daging Sapi

  1. Langkah pertama adalah mencuci babat sapi yang akan digunakan. Prosesnya dengan merebus babat dengan air mendidih sampai kotorannya keluar. Tambahkan juga daun salam supaya baunya berkurang. Kalau masih kotor bisa disikat dengan dialiri air mengalir sampai benar benar bersih. Kalau babat yang teman teman beli sudah bersih silahkan langsung menuju ke langkah kedua.
  2. Siapkan panci bertekanan tinggi atau pressure cooker) dengan api sedang dan beri air bersih secukupnya. Rebus sampai airnya mendidih.
  3. Masukkan babat yang udah bersih, daun salam dan 2 lembar daun jeruk supaya bau khas nya hilang. Masak sampai babatnya empuk atau kurang lebih selama 30 menit (sampai terdengar bunyi dari pancinya). Kalau tidak ada panci tekanan tinggi, bisa juga memakai panci biasa dan tutup selama proses prebusannya (butuh waktu lebih lama, sekitar 1 jam).
  4. Angkat babatnya lalu potong potong kecil sesuai selera.
  5. Haluskan dan uleg bumbu soto babatnya, seperti kemiri, jahe, kunyit, merica, bawang putih dan beri garamnya sampai halus.
  6. Siapkan penggorengan ukuran agak besar dengan api sedang kecil dan tuang minyak sayur secukupnya.
  7. Masukkan bumbu soto yang sudah dihaluskan diatas, daun salam, daun jeruk, batang serai yang sudah dimemarkan, dan daun bawang yangs udah diiris iris lalu aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  8. Masukkan babat sapi yangs udah direbus dan dipotong potong sebelumnya ke dalam penggorengan diatas lalu aduk audk kembali sampai bumbunya meresap dan tercium bau harum babatnya.
  9. Masukkan air bersih ke dalam penggorengan diatas secukupnya (kurang lebih sebanyak 1.3 liter) lalu aduk aduk kembali sampai mendidih dan babat sapinya benar benar benar empuk dan bumbu meresap ke dalamnya.
  10. Tambahkan garam dapur beryodium dan gula pasir kalau diperlukan kemudian aduk aduk kembali dan matikan apinya.
  11. Siapkan mangkok dan tuang soto babat diatas dengan diberi tambahan bahan pelengkap lainnya, seperti tomat, tauge matang, daun seledri, soon dan lainnya.
Selesai sudah resep soto babat di atas. Ternyata cukup mudah bukan cara membuat soto diatas. Memang untuk memasak resep masakan ini sedikit lebih lama daripada yang lain. Tetapi pasti terbayar kok dengan cita rasa soto dengan babat ini yang rasanya cukup enak dan lazat.