Resep Masakan Perkedel

Resep Masakan Perkedel - Perkedel merupakan olahan kentang yang telah diadaptasi dari makanan khas Belanda, yakni frikadel. Bila pada resep masakan asalnya lebih banyak menggunakan daging cincang daripada kentang, resep masakan perkedel di Indonesia malah kebalikannya, penggunaan kentang jauh lebih besar porsinya bila dibandingkan dengan daging cincangnya.
Resep Masakan Perkedel

Perkedel umumnya disajikan sebagai lauk pelengkap sayur sop atau pun soto di beberapa daerah, misalnya saja soto Kudus dan soto Padang. Orang Belanda sendiri menjadikan frikadel ini sebagai sumber karbohidrat, sementara itu di Indonesia perkedel dijadikan sebagai lauk. Walaupun bahan baku utamanya adalah kentang yang notabenenya adalah karbohidrat.

Menjadikan perkedel sebagai lauk sah-sah saja, asal Anda tetap memperhatikan porsi penyajiannya. Goreng perkedel ke dalam bentuk yang kecil-kecil, sehingga porsi asupan karbohidratnya tetap terjaga.

Resep masakan perkedel
Bahan utama :
  • 500 gram kentang berukuran sedang dicuci bersih lalu dikukus sampai matang
  • 2 butir telur ayam dikocok lepas 
  • 150 gram daging sapi cincang 
  • 2 batang daun bawang diiris halus 
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu halus :
  • 3 siung bawnag putih
  • 6 butir bawang merah 
  • 1 sendok makan merica bubuk 
  • 1 sndok makan garam

Cara membuat :
  1. Silakan Anda siapkan wadah bersih, lalu haluskan kentang kukus. Campurkan dengan bumbu halus dan juga daging cincangnya.
  2. Masukkan daun bawang lalu aduk-aduk kembali agar tercampur rata. Bila sudah bentuk adonan tersebut jadi bulatan pipih. Lalu celupkan ke dalam telur ayam yang sudah Anda kocok lepas terlebih dahulu. 
  3. Goreng sampai warnanya jadi cokelat keemasan. Sajikan segera.
Perlu Anda tahu bahwasannya ada dua cara pengolahan kentang untuk membuat perkedel, pertama adalah kentang mentah yang dikupas lalu digoreng setengah matang sebelum dibumbui dan kemudian digoreng kembali, Tapi cara ini bisa menjadikan perdekel yang Anda buat kaya akan minyak goreng.

Sedangkan untuk cara keduanya adalah dengan mengukus kentang sebelum akhirnya dibumbui. Cara ini pastinya lebih sehat, sebab Anda bisa mengurangi penggunaan minyak goreng, hanya saja hasilnya biasanya agak sedikit lembek pada bagian dalamnya.

Demikianlah tadi resep masakan perkedel untuk hidangan berbuka puasa yang enak dan lezat, yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.