Resep Klepon, Kue mungil yang berwarna hijau dengan sensasi ledakan gula merah

Kue mungil yang berwarna hijau dengan sensasi ledakan gula merah pada saat dikunyah, yak itulah klepon. Beberapa butir kue klepon ini bisa dinikmati bersama segelas teh manis, bisa jadi perpaduan yang sangat sempurna.
Resep Klepon,Resep kue Klepon, Kue mungil yang berwarna hijau dengan sensasi ledakan gula merah


Walaupun kecil, resep klepon satu ini bisa memberi energi yang besar bagi tubuh, sebab kandungan gula merah di dalamnya. Sementara itu, tepung ketan adalah sumber karbohidrat yang sangat baik untuk tubuh. Perpaduan keduanya dapat menjadi makanan sambari santai menikmati secangkir teh bersama keluarga.

Bahan-bahan untuk membuat resep klepon ini sangatlah mudah didapatkan di pasar, waktu untuk membuatnya pun tidaklah lama, bahkan cara membuatnya juga sangat mudah. Kami yakin sekali Anda akan langsung bisa begitu belajar membuat klepon tersebut. Menjadikan proses membuat klepon untuk mengisi waktu Anda sangat menyenangkan, apalagi ditemani putra putri Anda.

Resep klepon yang enak dan lezat

Bahan-bahan :
  • 300 gram tepung kentan
  • 4 sendok makan air mendidih 
  • 150 mill santan hangat 
  • 50 mill air daun suji 
  • ½ sendok makan air kapur 
  • 200 gram gula merah disisir halus 
  • 1 butir kelapa agar muda dikupas lalu diparut memanjang 
  • Garam secukupnya.

Cara membuat :
  1. Pertama silakan Anda siram tepung dengan air mendidih, lalu aduk sampai rata. Tambahkan dengan ar daun suji, garam, dan air kapur sembari dituangi santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai adonannya bisa dibentuk.
  2. Ambillah adonan sebesar kelereng, lalu pipihkan dan isi dengan gula merah yang sudah disisir. Bentuk bulatan dan lakukan hal yang sama sampai adonan habis. 
  3. Rebus bulatan klepon tersebut ke dalam air mendidih sampai mengapung. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu. 
  4. Campurkan kelapa dengan sedikit garam, lalu kukus dengan diberikan daun pandan selama 5 menit. 
  5. Gulingkan rebusan klepon yang tadi pada kelapa parut yang sudah dikukus. Sajikan klepon dalam mangkuk daun kecil.
Apabila Anda tidak menemukan daun suji, Anda juga dapat menggunakan pewarna instan. Tetapi tetap pakai perwarna khusus untuk makanan, dan pilih yang memiliki surat ijin aman konsumsi dari BPOM. Demikianlah tadi resep klepon istimewa yang bisa kami informasikan. Semoga Anda menyukainya!