Resep Es Kelapa Muda untuk Hidangan Berbuka Puasa

Segarnya es kelapa muda bila disantap di siang hari apalagi di saat bulan ramadhan tiba, menjadikan es kelapa muda sebagai hidangan berbuka puasa tentunya sangat nikmat sekali. Segelas es kelapa muda dengan kuah gula merah yang legit bisa banget menjadi minuman yang sangat menyegarkan buat Anda dan keluarga sebelum akhrinya makan malam berbuka puasa.
Cara membuat dan Resep Es Kelapa Muda untuk Hidangan Berbuka Puasa


Cara membuat resep es kelapa muda untuk hidangan berbuka puasa ini pun sangat mudah, bahkan Anda hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk membuat hidangan spesial tersebut untuk keluarga tercinta.

Namun perlu Anda tahu bahwasannya untuk bisa memilih kelaa yang masih muda, bisa Anda lihat dari bagian tangkainya. Silakan Anda pilih tangkai yang masih terlihat segar dan juga lentur. Tangkai yang sudah layu menandakan kelapa tersbeut memang sudah dipetik cukup lama atau pun bisa jadi kelapa tersebut sudah agak tua.

Cara yang kedua adalah dengan menepuk-nepuk bagian sabut kelapanya. Kelapa yang masih segar dan juga muda akan menghasilkan suara yang berat. Hal yang demikian ini dikarenakan isi air kepala yang masih sangat banyak di dalamnya. Sedangkan untuk kelapa yang sudah agak tua, akan menghasilkan bunyi yang lebih nyaring.

Resep es kelapa muda

Bahan-bahan :

  • 200 gram kelapa muda yang diserut memanjang 
  • 100 gram rumput laut  
  • 400 mill air kelapa muda  
  • 500 gram es serut  
  • 100 gram gula merah diserut lalu dilarutkan dengan air hangat

Cara membuat :

  1. Pertama silakan Anda siapkan sekitar 5 buah gelas saji, lalu susun kelapa mudanya, rumput laut ke dalam gelas saji tersebut. Berikan air kelapa muda, es serut dan juga larutan gula merah. 
  2. Sajikan segera.

Ingat, agar es kelapa muda yang Anda buat tersebut lebih meriah, Anda dapat menambahkan bahan pelengkap lainnya yang Anda sukai. Contohnya saja dengan rumput laut, manisan kolang kaling yang diiris tipis, biji selasih, cincau hitam, dan lain sebagainya.

Apabila Anda akan langsung menyajikan es kelapa muda tersebut, Anda dapat menggunakan es serut, sehingga tampilan es kelapa muda yang Anda buat lebih bagus. Tetapi bila tidak langsung dihidangkan, penggunaan ice cube akan jauh lebih praktis.

Demikianlah tadi resep es kelapa muda untuk hidangan berbuka puasa yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.