Resep Kolak Pisang, Hindangan Pembuka Puasa yang Enak dan Lezat

Resep kolak pisang adalah salah satu jenis makanan yang sangat identik dengan bulan puasa di Indonesia, walaupun Anda dapat dengan sangat mudah membeli kolak pisang siap santap yang banyak dijual di hampir setiap sudut jalan ketika bulan puasa, menyajikan kolak pisang buatan sendiri tentunya bisa menjadi kebanggaan bagi keluarga Anda. Selain hal tersebut, seperti yang sudah kita ketahui bersama, membuat sendiri tentunya lebih hemat dan juga lebih sehat.

Untuk bisa membuat resep kolak pisang satu ini, diperlukan waktu yang sedikit lebih lama bila dibandingkan dengan hidangan pembuka puasa yang lain. Akan tetapi, kerepotan membuatnya tentu akan terbayarkan dengan hasilnya yang sedap. Semangkok kolak dengan isi kolang kaling, ubi jalar, dan juga pisang tentu akan memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh, sebelum waktu makan tiba.

Resep kolak pisang yang enak dan lezat ini tidaklah terlalu sulit, yang harus Anda perhatikan di sini hanyalah pada saat menunggu kuah santannya mendidih. Jaga jangan sampai santannya pecah dengan cara mengaduknya secara perlahan-lahan sampai matang.

Resep kolak pisang yang enak dan lezat

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kolak pisang ini antara lain :
  • Siapkan 250-gram ubi jalar merah dikupas, dan selanjutnya dipotong dadu 2 cm
  • Jangan lupa tambah lagi dengan 250-gram kolang kaling 
  • Lalu 250 gram pisang kepok kuning 
  • Dan 3 lembar daun pandan segar 
  • Next, 200 gram gula pasir 
  • Habis itu, 600 milli santan kental  
  • ½ sendok teh garam

Cara membuat-nya sebagai berikut :
  1. Pertama Anda masak santan kentalnya bersama daun pandan dan garam sampai mendidih sembari diaduk-aduk agar santannya tidak pecah.
  2. Masukkan kolang kaling dan juga ubi jalarnya, lalu masak sampai setengah matang. 
  3. Masukkan pisang kepok dan tambahkan gula pasir ke dalam masakan tersebut. Masak sampai matang dan santannya jadi mengental. 
  4. Bagi kolak jadi 4 ke dalam mangkuk lalu sajikan hangat.
Resep kolak pisang untuk hidangan pembuka puasa yang enak dan lezat ini juga bisa Anda sajikan hangat atau pun dingin. Bila Anda memang ingin menyajikan dingin, Anda dapat menambahkan es batu pada kolak pisang tersebut.

Nah? apabila Anda tidak ingin berkurang rasa manisya karena penambahan es batu, silakan buat kolak pisang ini beberapa jam sebelum waktu berbuka puasa tiba dan setelah dingin simpan di dalam lemari es. Dan pada saat waktu berbuka puasa tiba, Anda bisa menghidangkan kolak pisang dingin yang nikmat untuk keluarga tercinta.