Resep Cara Membuat Jus Sirsak dan Manfaatnya

Jus sirsak:

Banyak manfaat yang didapatkan dari buah sirsak. Kandungan manfaat dan khasiat yangberada di salamnya terdapat zat zat yang mampu menangkal asam urat,osteoporosis,hipertensi dan bisa membuat awet muda. Dimana manfaat lainnya yaitu menyembuhkan wasir, mengingkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar pencernaan makanan.

Sari buah (jus) sirsak di dalam system pencernaan akan mengingkatkan selera makan. Sari buah ini kegunaan lainnya adalah untuk pengobatan pinggal pegal dan nyeri, ambeien / penyakit wasir, batu empedu dan lain lain. Terdapat kandungan vitamin yang lengkap dalam sirsak, seperti mineral,protein dan juga karbohidrat (pati). Sirsak disukai juga karena kandungan kalsium, zat besi, dan fosfor yang tinggi.

Cara Membuat Jus Sirsak dan Manfaatnya
gambar jus buah sirsak
Sangat baik sekali untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit serat yang terkandung dalam buah sirsak tersebut.

Resep jus sirsak:
  • Untuk 2 – 3 porsi
  • (Waktu persiapan 10 menit)
Bahan untuk membuat jus sirsak:
  • 200 gr sirsak
  • 2 sdm sirup vanili
  • 10 lembar daun mint
  • 500 ml air es
Resep cara membuat jus sirsak:
  1. Buang biji sirsak dengan garpu dan sisihkan dagingnya
  2. Masukan sirsak, sirup vanilli, daun mint dan air es ke dalam mangkuk blender
  3. Proses hingga lembut dan rata
  4. Tuangkan ke dalam gelas saji, dan
  5. Hidangkan 

    Tips dalam membuat jus sirsak :

    • Apabila suka, bisa ditambahkan dengan susu kremer di dinding gelas maupun di permukaan atas jus saat penyajiannya. Kadang mencari sirsak matang di pasaran agak sulit, hal ini karena ketika dipetik sirsak tersebut masih keras dagingnya, namun sudah cukup tua. Oleh karena itu sebaiknya sirsak diperam dahulu beberapa hari dalam suhu ruang dalam hal ini jangan anda simpan sirsak dalam lemai es. Setelah baunya harum dan dagingnya cukup lembut, maka buah sirsak siap diolah.
    • Sebelum diblender jangan lupa, buang biji sirsak dengan memakai garpu kecil dan sendok. Caranya dengan mengorek ngorek biji sirsak dengan sela sela garpu menggunakan tangan kanan, serta tangan kiri menahan bagian lain dengan sendok. Setelah buah sirsak bersih ari bijinya baru kita blender.
    • Rasa dari jus sirsak juga enak jika diambah dengan buah melon atau papaya yang diebntuk bulat bulat kecil. Selain itu, nikmat juga jika dikombinasikan dnegan jambu biji merah saat diblender. Kombinasi jus sirsak yang dicampur dengan jambu biji merah kaya akan vitamin C dan likopen yang semakin menambah daya afrodisiaknya.

    0 komentar