Resep Siomay Dimsum Ayam Sederhana & Mudah

Berikut ini adalah salah satu resep siomay sederhana mudah dan praktis yang bisa anda buat di rumah. Yaitu resep siomay dimsum ayam sederhana yang tentunya cocok bagi anda yang ingin menyajikan cemilan sederhana dan enak untuk keluarga anda. Walaupun ada juga resep simsum siomay udang, namun anda perlu mencoba terlebih dahulu resep simay dimsum ayam ini sebagai bahan pembelajaran pertama. Dimsum sendiri juga merupakan makanan asli tiongkok, namun sudah begitu populer di indonesia. Bahan dasar untuk membuat dimsum ayam yang enak pun tergolong mudah dan tidak ribet, beberapa diantaranya adalah daging ayam mapun bisa anda ganti dengan daging ikan yang difilet ataupun menggunakan daging udang yang sudah digiling. Persiapkan bumbu dan bahan sesuai dengan takaran yang pas, agar mendapatkan rasa siomay dimsum yang enak di lidah. Setelah anda berhasil membuat siomay dimsum ayam ini, maka mungkin anda bisa mencoba juga resep siomay bandung, siomay udang, siomay ikan tengiri, siomay goreng dan siomay abang yang pastinya juga mempunyai rasa khas dan enak.

Resep Siomay Dimsum Ayam Sederhana
gambar siomay dimsum ayam

Berikut adalah resep bagaimana cara membuat siomay dimsum ayam yang berasa dan legit di lidah. Tentunya dengan beberapa bahan ini kuncinya adalah bagaimaca cara membuat kuli siomay dimsum dan isian dimsum yang lezat dan membuat ketagihan orang yang mengkonsumsinya.

Bahan resep kulit siomay dimsum:
  • 100 gram tepung ten mien
  • 120 gram tepung terigu serba guna
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 150 ml air mendidih
  • 1 sendok makan minyak sayur
Resep cara membuat kulit siomay dimsum:
  1. Gunakan mangkuk yang anda leluasa bergerak untuk menguleninya.
  2. Masukkan tepung ten mien, tepung terigu, tapioka dan minyak sayur ke dalam mangkuk, tuangkan air hangat merata ke permukaannya.
  3. Biarkan sejenak hingga air meresap dan agak mendingin.
  4. Aduk dengan sendok kayu atau spatula kemudian uleni adonan dengan menggunakan tangan hingga adonan kalis dan tidak lengket lagi.
  5. Lama menguleni kira-kira 10 menit.
  6. Tambahkan air sedikit-sedikit menggunakan sendok jika adonan dirasa terlalu kering.
  7. Bulatkan adonan, tutup permukaan mangkuk dengan kain bersih.
  8. Biarkan selama 15 - 20 menit.
  9. Adonan yang terbentuk smooth dan tidak terlalu elastis, sehingga ketika digilas adonan tidak mengkerut kembali.
  10. Adonan juga tidak mudah lengket setelah digilas,berbeda jika hanya menggunakan tepung terigu saja, adonan sangat elastis dan lengket satu sama lain.
  11. Tipiskan adonan dengan menggunakan kayu penggilas atau alat pembuat pasta dan kulit
  12. Terakhir siap digunakan untuk dumpling atau siomay

Tips cara membuat kulit siomay dimsum agar bening:
Kulit siomay dimsum tampilannya sangat identik sekali bening,tipis dan mengkilap. Bahakan sekilas isiannya hamper kelihatan pada jenis dimsum tertentu. Diperlukan beberapa cara agar dapat membuat kulit dimsum terlihat bagus serta tidak mudah sobek.

1).Kualitas bahan kulit dimsum
Sebaiknya kenali dulu jenis dan kualitas bahannya sebelum membuat kulit dimsum. Perlu anda ketahui, untuk membuat kulit dimsum yang bening dan mengkilap tidak bisa menggunakan tepung terigu. Namun gunakanlah tepung tang mien dan tepung kanji. Mempunyai karakteristik yangberbeda kedua tepung ini dengan tepung kanjil Maka perlu anda perhatikan juga kualitas dari tepung kanji dan tepung tang mien yang digunakan. Memiliki warna yanglebih putih dan tekstur lebih halus pada tepung tang mien tersebut. Tentunya anda harus memastikan juga bahwa tepung tidak berbau tengik dan tidak menggumpal .

2).Teknik pengolahan kulit dimsum
Setelah anda yakin bahan yang dipergunakan memiliki kualitas yang bagus, maka yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah tehnik pengolahan. Adonan kulit dimsum yang dibuat harus menggunakan air panas, agar tepung bisa menjadi adonan dan diuleni. Sebab jika ttepung dibuat dengan menggunakan air dingin, maka tidak akan bisa menjadi adonan, melainkan hanya bergumpal dan berhamburansaja. Kulit akan mudah robek saat diberi isian, jika anda dalam menguleni adonan tersebut tidak benar benar kalis. Dan sebaiknya saat dikukus, dimsum didiamkan saja dan jangan dibolak balik.

3).Penyimpanan kulit dimsum

Sebaiknya langsung dikukus dimsum yang sudah jadi tersebut. Jika tidak ingin langsung dimakan, maka bisa anda simpan dalam freezer, sebab dengan cara ini maka dimsum dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Simpan dimsum dalam suhu beku dan wadah kedap udara.  Jika akanmengambil sebagian dimsum, maka agar kebersihannya tetap terjaga sebaiknya gunakan sendok.

Bahan resep dimsum ayam:
  • (225 gram) Fillet paha ayam
  • (3 siung) Bawang putih, haluskan
  • (1 ½ sdm) Kecap Ikan
  • (2 btg) Bawang daun, iris halus
  • (1 ½ sdt) Garam dapur
  • (2 sdt) Gula pasir
  • (3 sdt) Minyak wijen
  • (50 ml) Air dingin
  • (27 pcs) Kulit siomay
  • (¾ sdt) Merica halus
  • (150 gram) Tepung kanji
  • (80 gram) Wortel
Resep cara membuat siomay dimsum ayam sederhana:
  1. Daging yang sudah dicincang halus dicampur bersama dengan bawang putih halus, merica halus, garam serta gula. Aduk rata.
  2. Pada campuran bahan di atas masukkan minyak wijen dan kecap ikan
  3. Aduk rata dan uleni hingga adonan tidak menggumpal.
  4. Lalu tambahkan air secara perlahan sambil tetap diaduk rata.
  5. Masukkan tepung kanji pada adonan di atas sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis dan tercampur rata.Siapkan kulit siomay dan taruh sedikit adonan dimsum diatasnya lalu bungkus dengan cara dilipat bagian ujung kulit somay dan rekatkan dengan air.
  6. Tambahkan parutan wortel pada bagian atas dimsum,lakukan hingga bahan adonan habis.
  7. Selanjutnya, masak adonan dimsum yang sudah terbungkus kulit siomay dengan cara dikukus dalam panci beralas daun pisang dengan olesan minyak atau kertas roti.
  8. Biarkan dalam kukusan panci selama 18 menit hingga matang, lalu nagkat.
  9. Sajikan dimsum ayam selagi hangat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Siomay Dimsum Ayam Sederhana & Mudah"

Posting Komentar