Resep Cara Memasak Kari Daging Ayam Spesial Enak

Masakan khas india yang cukup populer sekarang ini adalah kari ayam. Masakan kari ayam ini menyebar cukup banyak di dunia termasuk di indonesia. Ciri khas dari kari ayam adalah kuahnya yang lental dan lezat berwarna kuning. Jika dilihat sekilas masakan ini mirip dengan opor ayam, kuah kari ayam yang berwarna kuning kemerahan ini sangat menggoda sekali dengan perpaduan kompisisi rempah rempah yang khas. Cara membuat bumbu kare sendiri tentunya lebih diminati para bunda, karena dapat memberikan rasa pas dan enak di lidah sesuai dengan selera. Tentunya dengan pemilihan bumbu dengan komposisi yang tepat, maka akan tercipta rasa kari yang lezat dan enak, dan juga pastinya menggugah selera.

Kuah kari yang kental tentunya lebih terlihat menggiurkan untuk segera anda cicipi.Di indonesia sendiri pada musim lebaran banyak yang menghidangkan resep masakan kari ayam ini, karena kari ayam mempunyai rasa yang enak dan gurih serta cara membuatnya yang tergolong sederhana serta tidak ribet. Untuk hidangan sehari hari anda, menu resep masakan kari ayam ini bisa anda masukkan dalam resep sederhana untuk hidangan keluarga anda. Nah,bagi anda yang ingin mencoba membuat kari ayam ini, silahkan simak beberapa resep bahan serta bagaimana cara membuat kari ayam yang enak dan mantap di lidah.

gambar kari ayam enak dan gurih



Mungkin pernah terpikirkan, sebaiknya menggunakan bumbu kari buatan sendiri atau bumbu kari siap pakai yang tersedia di pasar atau supermarket? berikut ini adalah tips yang bisa anda coba.

Jika menggunakan bumbu kari buatan sendiri
Bumbu kare pada umumnya biasanya terdiri dari bawang merah,bawang putih, cabai merah,serai, atau cabai hijau, daun jeruk, ketumbar dan lengkuas. Namun sesuai selera, anda bisa menambahkan bumbu yang lain. Dan agar pada bumbu kare buatan sendiri anda terasa nikmat,maka cobalah beberapa tips kecil berikut ini. Ikuti resep yang Anda miliki,kemudian tambahkan bumbu-bumbu lainnya sesuai selera. Misalnya,tambahkan cabai bubuk atau cabai yang anda gunakan kalau anda suka makanan pedas .Untuk mengaduk bumbu kari yang sedang dimasak gunakan sendok kayu, karena kayu menyerap rasa yang dikeluarkan saat bumbu sedang dimasak. Simpan bumbu kari buatan anda dalam toples atau wadah kedap udara. Tambahkan sedikit minyak ke atas bumbu kari, lalu dapat disimpan dalam kulkas selama maksimal 1 bulan.

    Jika menggunakan bumbu kari siap pakai
    Bumbu kari siap pakai dapat mudah anda temukan dengan berbagai jenis, namun yang paling sering digunakan adalah bumbu kari hijau,kuning dan merah. Biasanya bumbu kari kuning terdiri dari kunyit dan berbagai rempah kuning lainnya. Dan dengan rasa yang tidak terlalu pedas, maka kari kuning tersebut sangat cocok dipadukan dengan sapi,kambing atau kentang. Sementara bumbu kari merah lebih memiliki rasa yang pedas karena bahan yang digunakan menggunakan cabai merah. Serta cocok digunakan sebagai bumbu kari ayam,sapi,ikan, atau udang. Dan untuk bumbu kari hijau, maka masakan yang cocok adalah kari sayuran.Untuk membumbui masakan dengan bumbu siap pakai, caranya adalah campurkan bumbu kari dengan sedidit minyak dan sebelum dipanggang,oleskan terlebih dahulu pada daging. Dan bumbu kari siap pakai juga bisa digunakan untuk masakan lain misalnya tumisan sayur,sup ayam,mie atau rebusan seafood.


    Bahan resep kari ayam:
    • ½ ekor ayam (ayam kampung lebih enak) dipotong sesuai selera
    • 350 cc Santan dari ¼ butir kelapa
    • 2 buah kentang berukuran sedang, potong kotak kotak
    • 1 ruas lengkuas, memarkan
    • 1 batang sereh, memarkan
    • 2 lembar daun jeruk purut
    • 4 sdm minyak goreng untuk menumis
    • Secukupnya Garam
    • Secukupnya Gula
    • 3 sdm bawang merah goreng sebagai taburan
    Bumbu kari ayam yang dihaluskan:
    • 4 buah Bawang Merah
    • 3 siung Bawang putih
    • 3 butir Kemiri
    • 3 Buah Cabe merah
    • ½ sendok teh ketumbar
    • 1 cm jahe
    • 1 cm Kunyit
    • 1/3 sendok teh Jintan
    Resep cara memasak kari ayam enak dan gurih:
    1. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan
    2. Masukkan Lengkuas, Sereh dan Daun jeruk purut hingga harum, aduk – aduk rata
    3. Masukkan potongan ayam, aduk – aduk lagi
    4. Masukkan Santan, biarkan hingga mendidih
    5. Tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai rasa selera anda
    6. Terakhir masukkan potongan kentang. Biarkan hingga ayam dan kentang empuk matang.
    7. Jika sudah matang dan empuk, angkat
    8. Beri taburan bawang merah goreng diatasnya sebagai pelengkap. Sajikan. 
    Tips tambahan:
    Sebagai bahan pelengkapnya, anda bisa menambahkan kentang,tempe, tahu dan bahan tambahan lain yang sesuai dnegan selera anda. Sehinga bisa anda hasilkan citarasa kari ayam yang enak denganresep variasi terbaru buatan anda sendiri.
      Ternyata mudah sekali bukan bagaimana cara membuat kari ayam spesial enak dan gurih tersebut? Anda dapat menambahkan beberapa cabe apabila anda suka dengan rasa pedas ditambah bumbu kuning yang kental menambah nikmat rasanya. Kari ayam ini juga lebih nikmat bila disantap dengan ketupat atau lontong.

      0 komentar