Resep Cumi Asam Manis Pedas Sederhana

Olahan daging cumi memang bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat aneka resep masakan seafood yang sangat mengugah selera. Mengandung berbagai zat yang baik bagi tubuh kita daging cumi tersebut, seperti asam amino esensial, vitamin,zat besi dan omega 3.Dalam mengolah daging cumi sendiri juga tidak memerlukan waktu yang tidak cukup lama. Dalam menu seafood, hidangan cumi cumi tidak bisa lepas dan dilewatkan, sebab olahan berbagai masakan dari cumi selalu tersedia,  baik pada menu restoran maupun pada lesehan warung seafood yang banyak berjualan di pinggir jalan. Dengan bahan dasar cumi dapat dibuat berbagai resep olahan cumi yang lezat, diantaranya adalah cumi asam manis pedas, cumi saus tiram dan cumi goreng tepung yang paling mudah dan cepat penyajiannya. Berikut ini dapat anda ketahui terlebih dahulu manfaat dari mengkonsumsi cumi cumi yangluar biasa bagi kesehatan tubuh.

Resep Cumi Asam Manis Pedas Sederhana
gambar cumi asam manis pedas

Berikut ini adalah beberapa manfaat cumi cumi bagi kesehatan tubuh:

1).Banyak mengandung gizi
Pada cumi cumi kandungan protein yang terdpat di dalamnya sangat tinggi, yaitu sekitar 17,9 g per 100g cui segar. Tidak memiliki tulang belakang pada cumi cumi bila dibandingkan dnegan hewan laut lain. Sehingga cumi cumi mudah dicerna, dan banyak asam amino esensial yang baik bagi tubuh seperti lisin,fenilanin dan leusin.

2),Pertumbuhan kerangka tulang
Mengandung mineral mikro dan makro cukup tinggi pada cumi cumi. Dimana mineral yang terkandung di dalamnya adalah kalium,natrium,fosfor,magnesium,kalsium dan sangat baik untuk pertumbuhan kerangka tulang. Terlebih bagi anak anak sangat baik, guna menghindari osteoporosis pada masa tuanya nanti. Selain itu banyak vitamin yang terkandung pada cumi cumi seperti vitamin B1,B2,B12 dan vitamin larut lemak.

3).Untuk obat kanker
Dapat melawan kanker adalah manfaat mengkonsumsi cumi cumi berdasarkan penetilanpara ahli saat ini. Dimana para ilmuan menggunakan tinta dari cumi cumi. Dan mereka menduka zat tersebut aktif dan bekerja dengan mengaktifkan sel darah putih. Sehingga pada daerah sel tumor dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia tersebut. Juga mengandung banyak vitamin A dalam tinta cumi yang sangat baik bagi mata.

4).Menghilangkan bekas cacar
Jika anda merasa terganggu dengan penampilan terutama yaitu pada bekas luka atau bekas cacar. Maka anda dapat menggunakan cumi cumiutnuk menghilangkannya. DImana caranya adalah dengan menggunakan cumci cumi yang sudah dijemur hingga kering di bawah sinar matahari,lalu bersihkan. Tumbuklah sampai halus yang kemudian dianyak. Maka sesudahkan dari hasil ayakan tersebut tadi dapat anda gunakan sebagai obat bekas cacar. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

Bahan resep bumbu cumi asam manis pedas :
  • 600 gram cumi-cumi segar
  • 1 buah bawang bombay diiris sesuai selera
  • 2 siung bawang putih diiris halus
  • 1 buah paprika merah dipotong dadu
  • 2 cm jahe, iris halus
  • 1 buah jeruk nipis diperas airnya
  • 4 sdm saus sambal ekstra pedas
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm saus tiram
  • ½ sdt merica
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • 2 sdm margarin 
Cara membersihkan daging cumi:
  • Ambil cumi cumi yang telah disiapkan, kemudian kupas kulit ari pada cumi-cumi dan buang tinta hitamnya lalu diiris bulat-bulat dan cuci sampai bersih
Resep cara membuat cumi asam pedas sederhana:
  1. Potong-potong cumi bentuk cincin atau sesuai selera, cuci bersih
  2. Lalu rebus dengan 500 ml air hingga matang kurang lebih 10 menit, tiriskan.
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin hingga harum. 
  4. Masukkan jahe dan paprika lalu tambahkan sedikit air setengah gelas kecil atau sekitar 100 ml. 
  5. Masukkan air jeruk nipis, saus sambal, kecap asin, saus tiram, gula, merica dan garam lalu aduk rata sampai mendidih.
  6. Masukkan cumi, masukkan larutan tepung maizena lalu aduk rata dan masak hingga mengental, 
  7. Angkat dan sajikan.

0 komentar