Resep Cara Membuat Sirup Buah Sirsak Sendiri

Sirup buah sirsak :

Untuk memanfaat kan buah sirsak berikutnya bisa anda buat sirup sirsak, dimana buah sirsak yang telah matang bisa anda jadikan sebagai bahan minuman. Dengan cara ini dapat disajikan minuman segar dengan aroma khas buah sirsak asli setiap waktu tanpa harus menunggu musim berbuah. Meskipun telah tersedia inti rasa buah buatan di pasaran, namun aromanya tetap tidak dapat menandingi sirup buah sirsak asli. Selain itu bila dibandingkan dengan sirup buatan, maka sirup buah sirsak asli lebih bergizi.

Sirup sirsak merupakan larutan inti untuk minuman,maka dalam penyajiannya harus diencerkan terlebih dahulu dengan air atau es. Karena sirup merupakan bahan minuman dari hasil olahan, maka untuk melindungi konsumen, departemen perindustrian menetapkan standar mutu untuk sirup.

Cara Membuat Sirup Buah Sirsak Sendiri
gambar buah sirsak

Bahan untuk membuat sirup sirsak :

Beberapa bahan yang harus anda persiapankan untuk membuat sirup buah sirsak sendiri di rumah adalah seperti berikut ini.

1). Sirsak
Pilihlah buah sirsak yang benar benar matang. Bagian yang digunakan hanyalah daging buahnya saja, dan kualitas buah haruslah baik dimana harus bebas dari hama dan penyakit serta masih segar.Direncakananmengolah daging buah sirsak 10 kg setiap hari, atau setara dengan 15 kg sirsak utuh berkulit.

2). Gula pasir
Berfungsi sebagaipengawet sirup dan pemanis, kadar gula 65%. Gula pasir yang digunakan harus putih bersih agar tingkat kemanisannya tinggi dan sirup yang dihasilkan jernih.Direncanakan membutuhkan gula pasir sebanyak 14 kg per hari.

3).Putih telur
Digunakan sebagai penggumpal yang dapat mengikat partikel lembut dari sari sirsak dan kotoran gula, sehingga terbentuk butiran yang lebih besar dan dapat tersaring dengan kain. Direncanakan membutuhkan telur ayam (diambil bagian putihnya saja) sebanyak 5 butir.

4). Air bersih
Berfungsi sebagai bahan pelarut dan pencucian dalam proses pembuatan sirup sirsak. Tentunya air yang digunakan haruslah yang bersih dan sehat., tidak berwarna, tidak berbahu dan tidak berasa. Direncanakan membutuhkan 9 liter air masak setiap hari. Sedangkan untuk pencucian maka sediakan air secukupnya.

Proses pembuatan sirup sirsak :

Ikuti cara petunjuk membuat sirup dari buah sirsak ini, sebagai catatan bahan yang diunakan adalah sebanyak 15 Kg buah sirsak. Anda bisa menguranginya untuk  jumlah porsi botol yang lebih sedikit, dan sesuaikan dengan jumlah gula dan airnya.

1.Pemilihan bahan
Sirsak dipilih yang besar tidak cacar, harus sudah berumur tua dan sudang matang. Direncanakan mengolah daging buah sirsak bersih sebanyak 10 kg, maka perlu disiapkan sekitar 15 kg buah utuh yang masih kulitan.

2.Pencucian
Kemudian cuci dengan bersih terlebih dahulu buah sirsak tersebut agar terbebas dari kotoran yang melekat pada kulit buah sirsak.

3.Pengambilan daging buah
Buah sirsak yang telah bersih kemudian dipotong dan diambil dagingnya saja, untuk daging buah yang kurang baik,sebaiknya dibuang saja. Kulit,biji dan hati buah (empulur) dibuang, sehingga didapatkan daging buah yang bersih.

4.Penimbangan
Daging buah yang baik ditimbang seberat 10 Kg. Penimbangan ini harus dilakukan agar diperoleh rasa sirup sirsak yangbaik.

5.Penghancuran
Kemudian daging buah yang sudah disiapkan 10 kg dihancurkan dan diambil sarinya.Perlu juga disiapkan air masak sebanyak 9 liter.letakkan buah di aatas wadah yang dialasai panci / baskom.Remaslah daging buah sambil diberi air secukupnya agar sari buah dan ampas halusnya tertampung pada panci. Bisa juga melakukan pelumatan dengan belnder, setelah digiling halus,bubur sirsak ditampung dalam panci.

6.Penyaringan tahap I
Setelah daging sirsak menjadi lumat, larutan air buah tersebut disaring dengan kain. Penyaringan ini sekaligus sebagai pemerasan atau pemisahan akhir antara air buah dan ampasnya.

7.Pencampuran putih telur
Siapkan telur ayam, pecah dan ambil putih telurnya. Kocoklah putih telur itu dan dicampur dengan sekitar ½ liter air sari buah sirsak. Selanjutnya campurkan kocokan tadi dengan sari buah lainnya dan aduk sampai merata.

8.Pencampuran sari buah sirsak dan gula
Tumpangkan panci berisi air sirsak di atas kompor, tuangkan gula pasir di dalamnya, rebuslah adonan tersebut sambil diaduk aduk agar tidak lengket pada dasar panci.didihkan larutan sampai gulanya larut semua. Karena pemanasan putih telur dalam larutan itu akan menggumpal dan mengikat butiran halus dari sari buah serta kotoran gula. Oleh karena itu selama pendidihan akan terjadi buih putih di permukaan larutan. Buih tersebut harus dibuang.

9.Pendinginan
Turunkan panci berisi sirup sirsak dari kompor dan biarkan hingga menjadi dingin. Meskipun tidak dipanaskan lagi, namun proses penggumpalan kotoran akan terus berlangsung. Gumpalan kotoran akan tampak melayang laying di dalam sirup. Penggumpalan optimal bila sirup didiamkan selam 24 jam.

10.Penyaringan tahap II
Setelah itu dilakukan penyaringan tahap II, dimana sirup yang telah dingin disaring dengan menggunakan kain.caranya saringan diletakkan pada mulut panci,lalu sirup dituangkan. Sirup yang masih kental kadang kala agak sulit untuk menembus kain penyaring. Maka perlu ditekan dnegan tangan agar dapat mengalir dengan lancar. Caranya kain yang dituangi sirup ditangkupkan,kemudian diremas sambil diurut dari atas ke bawah. Dengan demikian sirup akan mengucur deras dari saringan. Dan sirup yang ditampung dalam panci siap untuk dikemas.

0 komentar