Resep Cara Memasak Udang Goreng Tepung Crispy

Udang goreng tepung bisa anda jadikan resep olahan masakan udang sederhana yang proses cara memasaknya tergolong mudah. Selain itu udang juga memili kandungan protein yang tinggi yang sangat baik bagi kecerdasan dan kesehatan tubuh. Untuk memasak udang ini tidak memerlukan tehnik khusus, hanya menggunakan cara dan tips yang sederhana saja agar rasa yang dihasilkan udang goreng tepung crispy tersebut berasa gurih dan lezat. Untuk membuat udang goreng crispy ini anda bisa menggunakan tepung bumbu sajiku yang sudah tersedia di supermarket dan pasar terdekat. Sebab rasa yang dihasilkan dari tepungnya juga mempengaruhi renyahnya udah tepung tersebut.

Untuk beberapa jenis masakan seafood yang lain pun anda bisa menggunakan tepung siap saji seperti tepung bumbu sajiku tersebut. Bisa juga anda kreasikan dengan bumbu tepung bumbu sasa, atau tepung bumbu renyah sederhana siap saji yang lain yang sekiranya pernah anda coba dan mempunyai hasil yang lebih enak. Apabila anda menghindangkan udang udang menu masakan anak anda, maka pilihan anda sudah tepat, sebab beberapa manfaat dari udang yang luar biasa akan anda dapat. Beberapa diantaranya adalah seperti berikut ini.

Cara Memasak Udang Goreng Tepung Crispy
gambar udang goreng tepung cripsy

Beberapa kandungan nutrisi dalam udang:
Dalam udang terkandung beberapa sumber vitamin dan proteinyang sangat baik bagi tubuh, berikut ini adalah penjelasannya.

1.Sumber Vitamin
Udang sangat baik sekali untuk dikonsumsi sebab pada udang terkandung berbagai jenis vitamin baik jenis larut air dan juga lemak. Kandungan yang berturut turut sangat besar terdapat pada udang seperti vitamin D,vitamin B12,niacin,vitamin E, vitamin B6,vitamin A dll

2.Sumber Mineral
Terdapat juga berbagai sumber mineral bagi tubuh yang terdapat pada udang. Mineral tersebut sangat bagus untuk mencukupi kebutuhanharian. Seperti fosfor,zat besi,tembaga,magnesium,zinc dan zat lainnya. Lebih mudah diserap mineral dari bahan makanan laut tersebut,bila dibandingkan dengan yangberasal dari kacang kacangan.

3.Sumber Protein
“complete protein”adalah kandungan yang dikategorikan dalam udang. Karena terkandung kadar amino yang tinggi dan juga mudah dicerna oleh tubuh. Dimana terkandung 20,3 gr protein di dalam 100 gr udah mentah.

4.Asam Amino
Pada udang juga terdapat asam amino yang tinggi, dimana artinya bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot,maka udang sangatlah cocok untuk anda konsumsi. Dimana terdapat asam gulamat, asam aspartat, dll

5.Rendah Kalori
Ini yang terpenting dari udang, yaitu rendah akan kalori. Hanya 106 kalori per 100gr udang dan hal tersebut menjadikan udang menjadi makanan diet yang baik. Juga terkandung sedikit asam lemak jenuh, seperti halnya makanan laut lain. Namun kadar lemak sehat sanat tinggi terkandung pada udang, yaitu omega-3 dan omega-6.

Bahan resep udang goreng tepung:
  • 250 gram udang jerbung yang agak besar, kupas, sisakan ekornya, belah punggungnya.
  • 150 gram tepung terigu
  • 2 sendok makan tepung sajiku
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok makan peres saja bumbu kaldu bubuk rasa ayam ( atau garam secukupnya )
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
Resep cara membuat udang goreng tepung cripsy :
  1. Rendam udang dengan 1/4 sendok teh garam, 1 bawang putih halus, merica bubuk serta sedikit air selama 15 menit. Tiriskan.
  2. Campur tepung terigu, tepung sajiku, baking powder, dan semua bumbu kering lain.
  3. Kemudian ayak dan aduk rata.
  4. Ambil 50 gram adonan tepung, campur dengan 100 ml air, aduk sampai licin.
  5. Ambil udang, celup ke larutan tepung cair, lalu gulingkan ke tepung bumbu kering, sambil di angkat2 dan di cubit biar keriting ( satu persatu ya..jangan barengan masukin dan melapisi udang ke tepungnya..biar bisa keriting hasilnya..).
  6. Ketok ketokan udang yang sudah bertepung..agar tepung yang menempel berlebihan jatuh kembali dan hasilnya bisa jadi keriting. 
  7. Goreng hingga matang . 
  8. Sajikan.

0 komentar