Resep Nasi Kuning Tumpeng Khas Indonesia

Resep Nasi Kuning Tumpeng Khas Indonesia | Nasi kuning tumpeng adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sering sekali digunakan untuk beberapa acara yang besar. Tradisi menggunakan nasi kuning tumpeng ini masih berlaku hingga saat ini. Selain itu banyak pecinta kuliner yang berinovasi dengan membuat nasi kuning yang lebih berbeda seperti dengan ditambahkan varian dan hiasan yang semakin bagus dan menarik.

Cara membuat Nasi Kuning Tumpeng Khas Indonesia

Bahan untuk membuat nasi kuning tumpeng
  • beras ½ kg
  • kunyit 1 ruas 
  • ketumbar dan kemiri 1 sendok teh 
  • garam secukupnya 
  • santan dari ½ kelapa 
  • serai yang sudah di geprek 
  • daun jeruk secukupnya

Cara membuat resep nasi kuning tumpeng
  1. Anda harus mencuci beras terlebih dahulu hingga bersih. Setelah itu tiriskan beras yang sudah di cuci dari air. Kukus beras tersebut pada dandang yang sudah panas sampai beras benar – benar matang.
  2. Untuk kunyit, kemiri, ketumbar, dan juga garam bisa diuleg hingga menjadi halus. Dan masukan pada santan yang sudah didihkan. 
  3. Lihat, jika beras yang dikukus sudah menjadi setengah matang anda bisa memindahkannya pada panci. Isi panci tersebut dengan beras setengah matang dan juga santan yang dibumbui, aduk sesekali dan matikan api. 
  4. Siapkan dandang untuk mengukus, jika nasi kuning tersebut sudah mendidih maka bisa dikukus selama 30 menit. 
  5. Nasi kuning yang sudah matang bisa anda cetak berbentuk krucut pada sebuah tempat yang agak besar. Kemudian berikan hiasan untuk mempercantik penampilan dengan menggunakan selada dan cabe besar. Lauk pauknya bisa anda letakkan disamping nasi kuning tumpeng secara melingkar. 
  6. Jika nasi kuning sudah matang kini saatnya anda menyiapkan lauk pauk berupa telur dadar, kering tempe, perkedel, ayam, serundeng, dan beberapa macam lainnya sesuai dengan selera anda. 
  7. Sajikan selagi hangat.
Baca juga : Cara membuat Nasi Tumpeng Sederhana
 
Nasi kuning dengan lauk pauk yang cantik sudah bisa disajikan dengan nikmat. Anda dapat mencoba resep ini di rumah untuk menu syukuran, merayakan ulang tahun anak atau perayaan lainnya, selamat mecoba.

0 komentar