Resep Masakan Sup Oyong

Resep Masakan Sup Oyong - Oyong yang juga disebut dengan gambas dalam bahasa Jawa, adalah sayuran yang bisa menurunkan kadar gula darah secara alami. Sangat baik sekali bila dikonsumsi secara rutin khususnya bagi penderita penyakit diabetes. Zat penurun kadar gula darah ini terdapat dalam biji oyong, oleh karena itulah ada baiknya pada saat Anda mengolah oyong bagian bijinya agar tidak dihilangkan. Selain berguna untuk menurunkan kadar gula darah, oyong ternyata juga berkhasiat untuk meredakan radang tenggorokan dan juga mencegah terjadinya konstipasi.
Resep Masakan Sup Oyong Enak

Umumnya oyong ini diolah sebagai pelengkap sayur bening bayam. Namun pada kesempatan kali ini kami akan menghadirkan olahan oyong yang dibuat dengan kreasi terbaru, yakni resep masakan sup oyong.

Sayuran ini walaupun memiliki banyak sekali manfaatnya, akan tetapi rasanya cenderung plain, sehingga tak heran jika ada banyak orang yang malas untuk mengolahnya. Dengan bumbu sup yang lebih terasa merica dan juga bawang putihnya, masaka oyong pastinya akan lebih sedang disantap.

Anda juga bisa memadukannya dengan misoa dan juga wortel sebagai pelengkap, maka sup oyong yang Anda seajikan sebagai sayuran untuk hidangan sahur akan lebih lezat dan nikmat lagi. Untuk bisa menyiapkan sup oyong ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama, jadi tidak terlalu merepotkan.

Resep masakan sup oyong

Bahan utama :
  • 4 buah oyong berukuran sedang dipotong-potong sesuai selera
  • 50 gram soun direndam dengan air panas sampai mekar lalu tiriskan 
  • 1 batang daun bawang potong-potong 
  • 1 sendok makan bawang merah digoreng sebagai taburan 
  • 700 mill air bersih 
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bahan bumbu halus :
  • 2 butir bawang putih
  • ½ sendok teh merica bubuk 
  • ½ sendok makan garam

Cara membuat :
  1. Silakan Anda panaskan terlebih dahulu minyak gorengnya, kemudian tumis bumbu halus sampai harum. Bila sudah masukkan air, dan masak sampai mendidih.
  2. Masukkan oyong, lalu masak sampai oyongnya matang sempurna. Baru setelah itu Anda bisa masukkan mie soun dan daun bawang. Angkat dan sajikan dengan ditaburi bawang goreng. 
  3. Bahan lainnya yang juga bisa Anda gabungkan selain mie soun dan wortel, adalah kembang kol, bakso ikan, udang, sosis ayam, dan bahan lainnya sesuai selera Anda. 
 Selamat mencoba resep masakan sup oyong ini, selamat menikmati.