Resep Serabi Solo Notosuman Asli Lembut

Siapa yang tidak kenal dengan hidangan serabi, jenis makanan khas asli indonesia ini memang mempunyai bentuk yang sederhana, namun mempunyai rasa yang luar biasa enak dan lembut. Serabi ini kadang disebut juga dengan surabi, dimana kue ini dimasak dengan cara yang tradisional yaitu menggunakan tungku kecil dan arang dengan api yan tidak terlalu besar. Kunci dalam membuat kue serabi yang enak dan lembut ini terletak pada adonanya dan api yang digunakan ketika untuk membuat serabi ini. Jangan heran, kenapa tidak menggunakan oven atau menggunakan kompor yang lebihmodern seperti sekarang ini. Sebab rasa yang dihasilkan ketika dibuat dengan tungku dan arang dengan api kecil lebih enak dan lembut sekali. Serabi sendiri yang sangat terkenal adalah serabi solo, yaitu lebih tepatnya serabi notosuman. Kenapa disebut dengan serabi notosuman solo? hal nini dikarenakan letak berjualan serabi ini berada di jalan notosuman, kawatan solo jawa tengah. Dan bukan rahasia lagi, serabi notosuman ini mempunyai rasa yang khas dan enak, serta sudah berjalan secara turun temurun dari jaman dahulu.

Meskipun pada saat sekarang ini serabi mempunyai variasi bentuk yang beraneka ragam, baik itu dengan ditambahakan toping keju, coklat,kismis ataupun dnegan susu, namun serabi notosuman polos putihtetap yangmenjadi andalan selama ini. Biarpun tanpa menggunakan bahan toping di atasnya,namun rasanya luar biasa enak dan lembut. Dan serabi solo ini mampu bertahan 2 hari dan masih dapat dikonsumsi dengan rasa yang masih emput dan legit, tidak keras. inilah uniknya serabi solo ini, sehingga tidak heran, banyak yang membawanya pergi ke luar kota lebih dari sehari namun masih dapat dinikmati dan tidak berbau. Bermacam serabi yang ada di indonesia sendiri sebenarnya banyak, seperti serabi bandung, serabi solo / notosuman, dan serabi kuah. Nah,untuk resep cara membuat serabi notosuman solo asli lembut ini, anda bisa mencoba mmebuatnya sendiri di rumah. Dan berikut bahan resep yang bisa anda persiapkan untuk membuat serabi solo ini.

Resep Serabi Solo Notosuman Asli Lembut
gambar serabi notosuman asli solo


Bahan resep serabi solo :
  • ½ sendok teh soda kue
  • 1 butir kuning telur ayam
  • 100 cc air pandan
  • 250 gram gula cair
  • 500 gram tepung beras
  • 600 cc air matang
  • 750 ml santan kental matang
  • Topping sesuai dengan selera
Cara membuat serabi solo notosuman asli lembut:
  1. Pertama buat adonan dengan memasukkan tepung beras ke dalam tempat baskom, kemudian masukkan air sedikit demi sedikit, trus aduk hingga mengental.
  2. Setelah adonan tadi selesai masukkan soda kue dan gula cair ke dalamnya, aduk hingga merata, diamkan selama sekitar 45 menit. Campuran bahan-bahan ini adalah adonan utama.
  3. Selanjutnya siapkan cetakan serabinya, dan panaskan cetakan di atas api arang atau kompor, dan jangan lupa olesi permukaan cetakan dengan minyak goreng supaya tidak lengket.
  4. Bila adonan utama telah selesai didiamkan selama 45 menit, berarti adonan utama telah siap untuk digunakan sebagai bahan utama pembuat serabi.
  5. Masukkan kira-kira 1 sendok sayur besar adonan kue sambil ditekan pada daerah tengahnya agar dapat menghasilkan bagian luar atau pinggiran yang tipis.
  6. Ketika adonan kue sudah setengah matang, tuangkan santan kental matang sebanyak 1 sendok sayur kecil, lalu tutup.
  7. Apabila Anda ingin memberikan topping pada kue serabi, buka penutup cetakan, lalu taburkan topping, tutup kembali cetakan. Tunggu hingga matang.
  8. Apabila pada bagian pinggiran kue yang tipis sudah berubah warna menjadi kecoklatan, itu menandakan bahwa kue serabi notosuman sudah matang.
  9. Keluarkan dari cetakan, sajikan selagi masih hangat.

0 komentar