Resep Bubur Kacang Hijau Kental Spesial Empuk

Bubur kacang hijau adalah salah satu sarapan ringan yang tentunya sangat enak sekali anda nikmati ketika pagi hari. Terlebih anda menikmati bubur kacang hijau dengan kuah yang kental dan rasa kacang hijau yang empuk dan lembut. Dimana bubur kacang hijau adalah salah satu makanna khas nusantara yang terbuat dari bahan dasar kacang hijau yang kemudian dimasak dengan air dan gula aren bersama seikat daun pandan. Bubur kacang hijua sendiri sangat baik dikonsumsi oleh semua kalangan usia, baik itu oleh anak anak, oleh orang tua, maupun bubur kacang hijau yang biasa dikonsumsi oleh ibu hamil, dikarenakan kandungan gizinya yang sangat baik untuk ibu dan janin yang dikandungnya.

Seperi yang tentunya telah anda ketahui manfaat kacang hijau bagi tubuh dan kesehatan sangatlah luar biasa, maka tidak ada salahnya anda rajin mengkonsumsi bubur kacang hijau ini ketika pagi hari untuk mendapatkan tenaga yang lebih ketika akan beraktifitas. Aneka resep bubur kacang hijaupun sebenarnya bisa anda buat sendiri di rumah, diantaranya bubur kacang hijau kental, bubur kacang hijau ketan hitam, bubur kacang hijau tanpa santan, bubur kacang hijau madura, dan bubur kacang hijau spesial empuk enak.

esep Bubur Kacang Hijau Kental dan Empuk
gambar bubur kacang hijau kental

Beberapa manfaat kacang hijau untuk kesehatan:
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan untuk kesehatan, dengan mengkonsumsi kacang hijau maupun ketika dibuat bubur kacang hijau

1.Baik untuk ibu hamil dan janin
Manfaat yang bias anda dapatkan dengan mengkonsumsi kacang hijau adalah sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Sebab dalam kacang hijau berdasarkan penelitian kandungan protein dalam kacang hijau sangat berguna untuk pertumbuhan sel. Wanita yang selama kehamilan rajin mengkonsumsi kacang hijau biasanya mempunyai bayi dengan rambut lebat.

2.Dapat mengurangi kolesterol
Dengan rajin mengkonsumsi akcang hijau, ataupun dalam bentuk bubur kacang hijau, maka dapat membantu anda menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebab makanan rendah kolesterol ini memiliki kandungan serat mudah larut, serat ini terpacu pada beberapa partikel yang sulit di cerna.

3.Dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara
Sudah tahukah anda? bahwa dengan rajin mengkonsumsi kacang hijau, maka dapat meminimalisir terkena penyakit kanker payudara yang sangat menakutkan bagi kaum wanita khususnya. Seperti yang anda ketahui, faktor makanan yang tidak sehat, adalah menjadi pemicu utama munculnya penyakit kanker pada wanita pada zaman sekarang ini. Untuk itulah perlu sekali anda imbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat mencegah kanker payudara muncul, yaitu kacang hijau.

4.Dapat mengurangi keluhan pasca menopause
Bagi wanita, masa menopause adalah masa yang pasti akan anda alami. Dan perlu anda ketahui,pada masa menopause ini biasanya wanita akan mengalami beberapa perubahan yang tidak biasa pada tubuhnya. Sehingga seringkali muncul keluhan pasca menopause ini,dan kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon dan  memiliki sifat estrogenik alamiah. Pengonsumsian sebanyak 90 mg phytoestrogen sehari akan membantu perempuan yang sedang mengalami transisi menopause sehingga mencegah osteoporosis dengan cara merangsang pembentukan tulang.

5.Dapat mengatasi anemia atau kurang darah
Jika anda menderita anemia, biasanya akan disarankan mengkonsumsi rebuasan air kacang hijau, hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan produksi sel darah maupun eritrotis. kandungan zat besi yang ada pada tubuh akan membantu untuk meningkatkan eritrotis pada tubuh.

6.Dapat menghaluskan kulit
Nah, untuk anda wanita khususnya, dengan mengkonsumsi kacang hijau ini maka secara tidak langsung anda akan dapat menjaga dan merawat kulit tubuh anda. Sebab pada kacang hijau terdapat kandungan vitamin D dan kandungan vitamin E pada rebusan air kacang hijau akan begitu akan membantu merawat tubuh, menghaluskan, dan juga melembabkan kulit anda semua.

Berikut ini anda dapat membuat sendiri bubur kacang hijau dengan sangat mudah,namun mempunyai manfaat yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh anda sendiri.

Bahan resep:
  • 100 gram kacang hijau
  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml santan kental
  • 4 helai daun pandan
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • secukupnya garam
  • secukupnya air
Resep cara membuat bubur kacng hijau kental dan empuk:
  1. Rebus kacang hijau dengan air secukupnya dan 2 lembar daun pandan hingga pecah dan empuk, tambahkan gula. 
  2. Untuk mempercepat kacang hijau menjadi empuk dapat digunakan panci presto.
  3. Larutkan 2 sendok maizena dengan setengah gelas air putih, tuang kedalam rebusan kacang hijau. Aduk sampai mengental, matikan api.
  4. Rebus air dan santan kental, bersama 2 helai daun pandan. 
  5. Tambahkan garam secukupnya sampai tercapai rasa yang gurih. 
  6. Matikan api setelah mendidih.
  7. Sajikan bubur kacang hijau bersama kuah santan, 
  8. Bubur kacang hijau ini bisa disajikan hangat maupun dingin. Selamat mencoba

0 komentar