Cara Membuat Cimol Telor Enak dan Gurih

Jajanan khas dari bandung ini memang sudah ada di mana mana, di jawa tengah pun sudah menjamur cemilan cimol ini. Resep membuat cimol telor ini begitu diminati oleh masyarakat umum, sebab peluang usaha dalam berjualan cimol telor ini juga sangat menjanjikan. Disamping sacara membuat cimol ini mudah,juga karena dalam memasarkan jualan cemilan ringan ini juga sangat luas. Sehingga tidak ada salahnya anda juga dapat membuat cimol telor ini sebagai usaha sampingan para ibu di rumah pada khususnya. cimol telor ini juga serng disebut dengan cilor, dimana cilor sendiri dapat divariasikan menjadi cilor aci telor, cilor cilok telur, dan cilor gulung yang mungkin saja sudah anda kenal.

Dalam membuat cimol ini ada beberapa macam jenis, seperti cara membuat cimol goreng, cimol basah dan cimol garing. Cimol isitelur sendiri mungkin bagi anda saat ini adalah pilihan yang akan anda coba, dan yang pasti bahan dasar untuk membuat cimol telor ini sangat mudah sekali anda temukan. Berikut adalah cara membuat cimol rumahan yang mempunyai rasa enak dan gurih seperti cimol asli daerah asalnya yaitu bandung.

Cara Membuat Cimol Telor Enak dan Gurih
gambar cimol telor enak dangurih

Bahan resep cimol:
  • 100 gram tepung sagu
  • 100 gram tepung terigu
  • 150 ml air mendidih
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1/4 sendok makan gula
  • 2 butir telur ayam
  • secukupnya minyak untuk menggoreng
Resep cara membuat cimol telor enak dan gurih:
  1. Campurkan tepung sagu, terigu, garam, gula, bawang putih. 
  2. Masukan air panas dan aduk dengan sendok kayu sampai rata.
  3. Tunggu agak hangat, uleni dengan tangan sampai kalis. Lalu bentuk memanjang dan rebus dalam air mendidih selama ±15 menit. Angkat, tiriskan. Setelah dingin potong2 cimolnya.
  4. Panaskan minyak di atas pan snack maker/teplon lalu goreng cimol sampai agak mengering.
  5. Setelah cimol mengering, masukan telur dan goreng sampai telur matang sambil di acak2. (Dibuat seperti scramble)
  6. Angkat. Lalu kasih toping bubuk cabe/bubuk keju, saus tomat, saus cabe, keju parut (optional, aslinya pakai bubuk cabe/keju/bubuk2an lainnya seperti cimol) karna saya menghindari msg, jadi topingnya cuma saus cabe, tomat & keju.

0 komentar