Resep Cara Membuat Es Teler 77 Asli Enak

Resep cara membuat es teler memang tidak akan pernah ada matinya, berbagai macam variasi dalam membuat es ini bisa anda coba sendiri di rumah. Namun ada beberapa resep es yang cukup terkenal, memang mempuyai bahan dan resep yang pas sehingga menghasilkan sajian es dengan rasa yang manis namun segar ketik dinikmati. Salah satunya adalah resep es teler 77, dimana resep es ini sangat terkenal dengan rasanya yang sedap dan enak. Es teler 77 ini bahkan sudah merambah ke psar internasional dengan namanya yang khas, beberapa pasar luar negeri bahkan sudah bisa menikmati es teler 77 asli enak ini. Dimana sejarnya adalah pada awal tahun 1981seorang ibu murniati widjaya telah berhasil memenangkan lomba membuat es teler di jakarta. Maka berbekal pengalamannya inilah kemudia beliau berinisiatif untuk membuka saha warung es teler bersama suaminya. Warung sederhana dengan nama es teler 77 inilah cikal bakal awal mulai terkenalnya es teler tersebut.

Kemudian oleh anak dan mantunya yaitu Yenny Setia Widjaja dan Sukyatno Nugroho. Pada tahun 1987, Sukyatno Nugroho mewaralabakan Es Teler 77 yang dengan ini merupakan usaha makanan cepat saji asli Indonesia pertama yang menerapkan sistem waralaba. Dan pada tahun 1994, seluruh gerai es teler 77 inipun dipindahkan dari kios ke mall dan juga plasa.Dan pada akhirnya Ibu Murniati Widjaja dan keluarganya mendirikan badan usaha swasta bernama CV ES TELER 77 yang kemudian menjadi dasar bisnis keluarga ini.Jika anda tertarik untuk mencoba sendiri membuat es teler 77 ini, maka berikut adalah bahan dan resep yang bisa anda persiapkan.

Resep Cara Membuat Es Teler 77 Asli Enak
gambar es teler 77 asli enak

Bahan resep es teler:

  • 100 gram gula merah atau gula jawa
  • ¼ buah papaya
  • 7 buah nangka
  • 100 gram kolang kaling
  • ¼ buah melon
  • Daging kelapa muda
  • 1 liter santan dari 1 buah kelapa
  • ½ buah alpukat
  • Gula pasir secukupnya
  • Agar-agar secukupnya
  • Air secukupnya

Resep cara membuat es teler 77 asli enak:

  1. Kupas semua buah yang akan anda gunakan sampai benar-benar bersih. 
  2. Lalu potong kotak kecil, dan untuk daging kelapa muda anda bisa serut atau juga bisa anda kerok sesuai dengan selera anda sendiri.
  3. Siapkan tempat untuk merebus gula merah dengan air sampai mengental lalu angkat dan sisihkan.
  4. Ditempat lain, anda juga siapkan panci untuk merebus air dengan agar agar serta gula pasir. 
  5. Sesudah matang angkat dan dinginkan, jika sudah benar-benar dingin anda potong bentuk kotak kecil kemudian masukkan ke kulkas.
  6. Campurkan santan dengan gula pasir lalu rebus. Saat perebusan aduk terus santan agar santan tidak pecah dan sampai mendidih. Setelah mendidih angkat dan dinginkan.
  7. Rebus kolang koling dengan air sampai kolang kaling terasa empuk dan tidak keras lagi, lalu anda angkat dan tiriskan.
  8. Setelah semua bahan selesai dimasak, kini saatnya untuk penyajian. 
  9. Untuk penyajiannya anda bisa menyiapkan gelas atau mangkok saji. Kemudian masukkan bahan-bahan seperti kolang kaling, buah, daging kelapa muda, serta agar-agar
  10. Tuangkan gula merah serta santan yang telah anda masak tadi
  11. Tambahkan es serut di atas secukupnya, dan es teler sudah sipa untuk disajikan serta anda nikmati.

0 komentar