Resep Semur Daging Sapi Sunda Enak dan Empuk

Salah satu hidangan yang memiliki cita rasa di lidah saat menyantapnya adalah semur daging. Dan jenis maskaan ini mempunyai cita rasa yang khas pada rasa kuahnya yang kental serta dagingnya yang empuk di lidah. Dengan perpaduan bumbu masakan yang khas dalam membuat semur daging ini membuat rasa yang dihasilkan benar benar menggit lidah anda. Resep semur daging sapi ini pun juga mempunyai rasa yang beraneka ragam dengan resep yang berbeda, beberapa diantaranya yang bisa anda coba nantinya adalah resep semur daging sapi kecap bango, resep semur daging sapi khas jawa, dan resep semur daging sapi spesial pedas yang mengigit lidah. Lain daerah lain juga resep dan cara membuat semur daging tersebut, seperti halnya dengan semur daging sapi sunda yang mempunyai rasa enak dan empuk pada dagingnya. Tentu saja pengolahan daging sapi yang pas juga memegang peranan penting untuk menghasilkan rasa semur yang enak dan lezat.

Perpedaan yang mencolok antara semur daging sapi sunda dengan semur daging daerah kota lainnya yaitu terletak pada rasa kuahnya. Sebab pada semur daging sunda dalam penggunaan pemanis gulanya tidak terlalu dominan, sehingga tidak membuat rasa semur daging menjadi terlalu manis. Banyak yang mengatakan hal tersebut dikarenakan banyak orang sunda yang tidak terlalu suka dengan makanan yang sangat manis. Namun cara membuat semur daging sunda ini pun tergolong mudah dan sederhana namun mempunyai cita rasa masakan yang nikmat. Sebagai catatan, berikut ini juga dapat anda ketahui tips apa saja agar dapat membuat daging sapi menjadi empuk dan enak saat dimasak menjadi semur nanti.

Resep Semur Daging Sapi Sunda Enak dan Empuk
gambar semur daging sapi sunda

Cara mengolah daging agar cepat menjadi empuk:
Tentunya untuk mendapatkan masakan semur daging sapi sunda yang enak tidak lepas dari daging yang empuk dan lezat. Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mendapatkan kualitas daging yang mantap digunakan untuk membuat semur daging sapi sunda lezat ini.

1).Perhatikan proses perendaman
Sebelum daging akan diolah sebaiknya cuci dan rendam dulu daging sapi tersebut. Untuk merendam daging, pilihlah bahan bahan seperti jeruk nipis,jeruk lemon, atau nanas. Sebab bahan bahan ini dapat melunakkan serat serat daging, sehingga nantinya daging akan lebih empuk. Tak hanya itu, bahan bahan tersebut juga dapat menghilangkan bau amis ada daging. Cara proses perendaman dagingnya adalah dengan mengiris terlebih dahulu lemon atau jeruk nipis, kemudian peras dan lumuri ke dalam seluruh bagian daging. Namun aapbila anda memilih menggunakan nanas,maka sebelumnya parut terlebih dahulu nanas tersebut, kemudian lumuri daging sapi tersebut dengan menggunakan nanas yang telah diparut. Lalu diamkan terlebih dahulu kurang lebih 1 hingga 2 jam.

2).Pukul dengan pemukul daging
Cara berikutnya agar daging menjadi empuk adalah dengan cara memukul mukul daging terlebih dahulu agar lebih empuk. Pukul kedua sisi gading dan dibolak balik sampai tekstur daging menjadi lebih empuk, dan jangan lupa agar daging tidak bergeser saat dipukul,maka gunakan talenan.

3).Perhatikan cara memotongnya
Ternyata cara memotong kita juga bisa membuat daging menjadi empuk. Dan hal yang perlu anda ingat adalah, dalam memotong daging harus berlawanan dengan arah serat dagingnya. Hal ini dilakukan agar dapat menghambat bersatunya serat daging pada saat perebusan, sehingga hasilnya daging pun akan menjadi empuk.

4).Bungkus dengan daun pepaya
Tidak hanya dapat diolah menjadi makanan daun papaya tersebut, tetapi ternyata bisa juga digunakan untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Hal ini disebabkan pada daun papaya terdapat enzim papin yang berfungsi sebagai pelunak serat daging. Cara menggunakan daun papaya untuk membuat empuk daging cukup mudah, yaitu cukup balutkan daging dengan daun papaya yang sudah dicuci bersih. Jika sudah terbalut dengan sempurna, kemudian tusuk tusuk daun pepaya, agar enzim yang terdapat di dalamnya dapat menyerap masuk ke dalam daging. Tunggu hingga 1 jam, dan hasilnya anda mendapatkan daging empuk yang siap untuk diolah.

5).Gunakan alat presto
Pilihan terakhir jika anda ingin mendapatkan daging empuk dan tanpa repot, maka anda bisa menggunakan alat presto. Dengan alat ini anda tidak perlu merebus daging selama berjam jam. Sebab dapat memungkinan memasak daging dengan cepat alat masak presto ini, karena berbahan dari stainless steel tebal dan dengan penutup yang dilengkapi dengan seal kedap udara. Dan bisa memasak dengan suhu 100 derajat celcius, karena membuat uap panas tidak bisa keluar.Dan hasilnya hemm.. daging pun menjadi empuk dan tanpa repot mengolahnya.

Bahan resep semur :
  • 1 kilogram daging sapi potong dadu atau sesuai selera
  • ¼ kentang, bersihkan, potong bentuk dadu sesuai selera
  • 1 Liter air matang
  • 3 sendok makan untuk menumis
Bumbu semur daging:
  • 10 siung bawang merah, iris halus
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah biji pala, memarkan
  • 2 centimeter kayumanis
  • 5 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya
Bumbu halus:
  • 5 buah bawang putih
  • 2 centimeter jahe
  • 7 butir kemiri sangrai
  • 2 sendok teh ketumbar sangrai
Taburan pelengkap:
  • Bawang goreng
Resep cara membuat semur daging sapi sunda:
  1. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang merah, masukkan pula bumbu halus dan daun salam, biji pala, kayu manis, aduk atau tumis hingga harum baunya
  2. Masukkan daging, tambahkan kecap kemudian tumis kembali hingga bumbu meresap kedalam daging
  3. Masukkan air, kentang dan aduk hingga rata, biarkan hingga dagingnya empuk serta matang
  4. Taburkan bawang goreng, selanjutnya siap di hidangkan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Semur Daging Sapi Sunda Enak dan Empuk"

Posting Komentar