Resep Cara Membuat Dadar Gulung Agar Tidak Pecah

Kue dadar gulung adalah salah satu dari resep aneka kue basah yang sangat digemari, karena mempunyai rasa yang manis, gurih dan lembut di lidah. Rasa empuknya benar benar memanjakan lidah, ditambah juga dengan isian dadar gulung campuran kelapa yang manis rasanya. Sehingga tidak salah kue dadar gulung ini merupakan kue tradisional yang tidak akan lekang oleh waktu. Jika anda berada di pasar, pastinya tidak akan pernah melewatkan kue jajanan pasar sederhana ini. Dadar gulung sendiri juga mempunyai beberapa rasa seperti rasa coklat, rasa buah seperti durian. Tekstur kulitnya yang lembut dan aroma hijau pandan tentunya sangat membuat anda ingin menyantapnya. Dadar gulugn sendiri mempunyai bermacam macam variasi rasa, diantara adalah dadar gulung isi kelapa, dadar gulung coklat, dadar gulung pisang coklat, dan dadar gulung vla.

Kue dadar gulung sendiri masih tergolong ke dalam kue pancake. Bagi banyak orang, resep yang paling dicari saat membuat dadar gulung ini adalah, bagaimana cara mmebuat dadar gulungagar tidak pecah. Mungkin saat ini anda juga tengah mencari resep dadar gulung agar tidak pecah tersebut. Memang diperlukansedikit trik agar anda mendapatkan rasa dadar gulung yang lezat dan agar tidak pecah. berikut ini anda bisa mencoba sendiri resep dadar gulung agar tidak pecah yang bisa anda coba di rumah, sebagai resep kue cemilan rumahan yang sederhana dan praktis juga tentunya.

gambar kue dadar gulung lembut

Bahan kulit dadar gulung:
  • Tepung terigu 250 gram
  • Telur 2 butir dikocok lepas
  • Santan encer 700 ml
  • Garam 1/2 sdt
  • Pasta pandan 2 sdt atau sesuai selera
  • Margarin secukupnya untuk olesan wajan
Bahan isian dadar gulung:
  • Kelapa parut kasar 200 gram
  • Daun pandan 1 lembar
  • Gula merah 100 gram
  • Gula pasir 50 gram
  • Garam 1/2 sdt
  • Air 100 ml
  • Vanili bubuk 1/4 sdt
Resep cara membuat dadar gulung agar tidak pecah:
  1. Masukkan tepung terigu dan garam lalu masukkan kocokan telur serta santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan rata, tidak mengumpal. 
  2. Tambahkan pasta pandan lalu aduk lagi.
  3. Jika adonan terlalu mengumpal, bisa menggunakan saringan untuk mendapatkan adonan yang lebih licin. 
  4. Agar kulit tidak mudah pecah bisa menambahkan 2 sdm tepung sagu.
  5. Panaskan wajan teflon sebentar lalu olesi margarin tipis, masukkan sesendok adonan lalu lebarkan. Buat kulit dadar gulung yang tidak terlalu tipis tapi tidak terlalu tebal. 
  6. Terlalu tipis akan mudah sobek sedangkan terlalu tebal akan mudah pecah.
  7. Masak terus sampai matang ditandai permukaan kulit dadar yang tidak lengket saat disentuh. 
  8. Angkat dan dinginkan. 
  9. Lakukan proses ini beberapa kali sampai adonan habis.
  10. Penting! Kita harus memasukkan adonan saat teflon sudah benar-benar panas agar kulit dadar yang dihasilkan terlihat berpori bopeng-bopeng. 
  11. Tahap selanjutnya dari resep kue dadar gulung adalah membuat isian, siapkan panci kecil dan masukkan air, gula merah, garam, daun pandan dan gula pasir. 
  12. Panaskan sambil diaduk-aduk sampai gula larut seluruhnya. 
  13. Setelah itu masukkan parutan kelapa, aduk dan biarkan menyerap air gula. 
  14. Tambahkan vanili bubuk, aduk rata dan masak sampai kelapa tidak terlalu basah (tak perlu sampai kering).
  15. Terakhir tinggal proses penggulungan, ambil kulit dadar lalu taruh isian di tengahnya. 
  16. Lipat sisi atas, bawah, kiri dan kanan lalu gulung. 
  17. Cara membuat dadar gulung telah selesai, tinggal penyajian saja.
  18. Sajikan,hidangkan.

Tips:
Agar menjaga kulit dadar gulung terlihat basah dan warnanya cerah, maka saat membungkus dadar gulung gunakan plastic bening. Bila ingin dengan cara tradisional maka anda bisa menggunakan daun pisang untuk menggulungnya.Permasalahan saat membuat dadar gulung adalah kulitnya yang mudah pecah, selain itu hal perlu diperhatikan adalah kelapa yang digunakan untuk bahan isian dadar gulung. Sebaiknya gunakan kelapa yang masih sedikit muda dan tidak terlalu tua. Karena jenis kelapa ini akan menghasilkan isian yang lebih terasa manis dan legit. Sedangkan pada kelapa tua, rasa yang dihasilkan kurang sedap.

Anda bisa menggunakan daun suji dan daun pandan yang diblender dengan air secukupnya sebagai pewarna alami. Setelah itu saring untuk membuang ampasnya, sehingga akan mendapatkan air saja, kurangi jumlah air santan sedikit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Dadar Gulung Agar Tidak Pecah"

Posting Komentar