Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Enak

Siapa yang tidak kenal dengan masakan ini, rendang daging sapi yang terkenal dari padang. Anda dapat dengan mudah menemukan rendang ini di rumah masakan padang di seluruh indonesia.Masakan rendang ini adalah masakan daging yang bercitarsa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah rempah asli indonesia.Bisa dikatakan juga rendang adalah masakan khas asli padang yang dipadukan dengan beberapa sayuran dan nasi. Masakan rendang ini sendiri dihasilkan dari proses memasak yang berulang ulang dengan santan kelapa sebagai bahannya.Cara membuat rendang daging ini pun sebenarnya memiliki beberapa variasi jenis.Diantaranya cara membuat rendang daging daging jawa, daging kering, daging sapi dan daging kerbau. Namun yang sering dicari resep bagi sebagian besar orang adalah cara membuat rendang daging sapi yang empuk dan enak. Tentunya ada cara untuk mmebuat daging sapi tersebut menjadi empuk dan enak saat disantap. Hanya diperlukan tehnik saja dalam memasak rendang ini. Namun tentu saja dalam memasak rendang memang memerlukan waktu yang lama kurang lebih sekitar 4 jam, jadi memang memerlukan kesabaran saat memasak rendang ini.

Bumbu dan santan dimasukkan ke dalam panci bersama potongan daging dan dimasak bersama sama dalam panas api yang pas, kemudian secara perlahan terus diaduk pelan pela higga benar benar bumbu dan santan menyerap pada daging. Setelah mendidih, kemudian api akan dikecilkan namun terus diaduk secara perlahan hingga santan mengental dan menjadi kering. Memerlukan ksabaran dan telaten dalam memasak rendang, dan harus ditunggui dan terus dibolak balik agar santan mongering dan bumbu dapat meresap dengn sempurna tanpa daging menjadi hangus. Dalam seni kuliner modern proses memasak ini dikenal dengan istilah ‘karamelisasi’, sebab menggunakan banyak bumbu dan rending sendiri rasanya mempunyai citarasa yang unik dan kompleks.

Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Enak
gambar rendang daging sapi empuk

Tips cara membuat agar daging sapi cepat empuk dengan cara memukul
  1. Letakkan talenan di permukaan yang kuat, 
  2. Kemudian taruhlah daging yang ingin diempukkan di tengah-tengah talenan.
  3. Tutuplah talenan dengan plastik pembungkus.
  4. Pukul daging dari tengah memakai palu daging hingga daging itu memiliki ketebalan yang sama.
Tips cara membuat agar daging sapi cepat empuk dengan cara merendam daging
  1. Kupas dan potong pepaya serta nanas ke bagian kecil lalu blender keduanya.
  2. Blender kedua buah itu hingga halus, kemudian saring puree dan masukkan ke dalam mangkuk.
  3. Taruh daging yang ingin diempukkan ke dalam jus pepaya dan nanas. 
  4. Aduk daging dengan jus hingga bercampur dengan baik.
  5. Tutuplah mangkuk dengan bungkus plastik lalu masukkan ke dalam kulkas selama semalam hingga jus pepaya dan nanas itu meresap sempurna ke dalam daging.


Catatan saat merendam daging:
Tapi ingat jangan lakukan perendaman lebih dari delapan jam dan sekurangnya tiga hingga empat jam. Enzim yang terkandung dalam nanas dan pepaya akan menghancurkan serta melembutkan serat daging yang keras.Hanya gunakan pepaya dan nanas segar sebagai bahan jus. Hindari buah kalengan atau jus kalengan karena enzim pengempuk daging sudah hilang karena proses pengawetan atau pemanasan.Penggunaan kombinasi nanas dan pepaya merupakan jus pengempuk daging terbaik. Ini karena nanas mengandung enzim pengempuk terkuat, bromelin sementara pepaya mengandung enzim papain yang mampu menghancurkan serat daging.Dengan cara memasak daging yang pas agar empuk, maka diharapkan makanan kita menjadi lebih lezat dan makin disukai

Resep bahan rendang:
  • 1/2 kg daging sapi, potong jadi 8-10 bagian
  • 300 mili liter air
  • 1 lembar daun kunyit
  • 600 mili liter santan kental
  • 5 sdm minyak goreng
  • 300 gram kentang mini
  • 2 butir asam kandis
  • 1 batang serai
Bumbu halus:
  • 3cm lengkuas
  • 3 siung bawah putih
  • 1 sdm garam
  • 3cm jahe
  • 10 buah cabai merah iris
  • 3cm kunyit
  • 6 butir bawah merah
Resep cara membuat rendang daging sapi empuk enak:
  1. Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan daging dan aduk hingga daginnya berubah warna.
  2. Masukkan serai, daun kunyit dan asam kandis, aduk secara perlahan hingga merata.
  3. Tuangkan air secara perlahan dan masukkan kentang mini, aduk lagi dan masak hingga airnya menyurut.
  4. Kali ini tambahkan santan, aduk-aduk sembari menggunakan api sedang saja agar masaknya bisa merata.
  5. Masak hingga daging terasa matang empuk dan agak mengering.

    0 komentar