Resep Nasi Capcay Khas China

Resep Nasi Capcay Khas China - Nasi putih yang ditemani dengan beberapa jenis sayuran segar, serta dengan potongan daging ayam, udang, atau pun bakso yang bisa ditumis bersama dengan bawang putih yang dicincang, lalu dibumbui dengan minyak wijen, saus tiram, lalu diguyur dengan campuran air dan tepung maizena, akan mengubah cita rasa nasi putih menjadi sangat lezat dan sangat menggodah untuk bisa dinikmati.

Sebuah makanan atau pun masakan yang diolah dengan cara ini, bernamakan nasi capcay khas China. Resep yang cukup unik dan menarik, yang menjadikan nasi putih biasa menjadi luar biasa dengan rasa yang sangat enak, tentunya akan sangat menggoda selera Anda. Ingin tahu seperti apa cara membuatnya? Simak terus ulasannya ya.

Nasi capcay khas china
Bahan untuk membuat nasi capcay

  • Bahan pembuat nasi telur seperti 400 gram nasi putih, 1 butir telur ayam, 1 sendok teh kecap asin, 1 sendok makan minyak wijen, dan 2 sendok makan minyak goreng.
  • Bahan pembuat capcay goreng seperti 100 gram daging ayam yang diiris lebar lalu dipotong sesuai selera, 1 pasang hati ampela ayam yang masih segar potonglah menjadi bentuk kotak-kotak, 100 gram wortel segar yang diiris tipis, 100 gram kembang kol yang dipotong sesuai kuntum, 3 batang sawi hijau dipotong sekitar 3 cm, 50 gram kapri manis, 5 biji bakso yang diiris tipis, 400 mill air biasa, dan 5 sendok makan minyak goreng.
  • Bumbu pelengkapnya seperti 2 butir bawang merah yang dimemarkan, 4 siung bawang puting dimemarkan, 250 mill kaldu ayam, ½ sendok teh lada halus, 1 sendok teh bi ciu, 1 sendok teh minyak wijen, 1 sendok teh saus tiram, 1 sendok makan maizena, 2 sendok teh gula pasir, dan 1 sendok teh garam.
  • Bahan pembuat acar mentimun diantaranya 1 buah mentimun yang dipotong memanjang, 4 siung bawang merah dibelah menjadi 4 bagian, dan 10 buah cabai rawit.
  • Bumbu acar mentimun diantaranya 1 sendok teh gula, ¼ sendok teh garam, dan 1 sendok teh cuka.

Cara membuat nasi capcay khas China

  1. Untuk membuat nasi telurnya, silakan Anda panaskan terlebih dahulu minyak gorengnya, lalu masukan telur dan orak-arik. Masukan juga nasi dan tambahkan kecap asin serta minyak wijen, aduk-aduk hingga rata.
  2. Untuk membuat capcay goreng, silakan Anda tumis bawang merah bersama bawang putih hingga baunya harum, lalu masukan ayam dan juga hati ampela, aduk-aduk hingga kaku. Tambahkan dengan air biasa, dan diamkan sampai mendidih.  Lanjutkan dengan memasukan sisa bahan serta bumbu lainnya, kecuali maizena, tutup sampai layu, sebelum diangkat taburkan maizena sembari diaduk sampai mengental.
  3. Untuk membuat acar mentimun, silakan Anda campur semua bahan beserta dengan bumbu lainnya, aduk-aduk hingga rata dan sajikan bersama masakan yang sudah Anda buat tadi.

Demikianlah ulasan yang dapat kami informasikan mengenai resep masakan nasi capcay khas China, semoga bermanfaat dan juga bisa menjadi inspirasi memasak Anda di rumah. Selamat mencoba ya, dan jangan lupa untuk membaca Resep Masakan Nasi Bakmoy Kuar Ayam Khas China, untuk membuat resep masakan China lainnya.

0 komentar