Resep Nasi Hainan Khas China

Resep Nasi Hainan Khas China | Nasi hainan ini adalah salah satu jenis nasi yang divariasi oleh bumbu kaldu ayam, sehingga membuat nasinya memiliki cita rasa yang sangat gurih dan harum. Selain itu, nasi hainan khas China yang bisa disebut dengan nasi minyak ini juga dilengkapi dengan daging ayam yang sangat empuk, daging ayam yang dipilih untuk melengkapi nasi hainan ini, biasanya daging ayam gempal dan matang. Sehingga akan sangat menggodah untuk Anda nikmati.

Tetapi, nasi hainan ini hadir dengan gaya kantong, dimana ayam yang digunakannya adalah ayam yang masig muda, supaya dagingnya lebih lembut ketika digigit. Sebagai penyempurna rasa nasi hainan, juga dilengkapi dengan saus cabai dan juga serbuk jahe. Tertarik mencoba resep nasi hainan?
nasi hainan khas china


Bahan-bahan yang harus dipersiapkan
  • Bahan utamanya seperti 500 gram beras pulen, 5 sendok makan minyak goreng, 1 sendok makan mentega, 1 sendok teh minyak wijen, 3 sendok makan kecap manis, dan 250 mill air biasa.
  • Bahan bumbu diantaranya 4 siung bawang putih yang dicincang, 2 cm jahe yang dimemarkan, 3 lembar daun pandan dikat menyimpul, 1 sendok teh gula pasir, dan ½ sendok teh garam.
  • Bahan untuk ayam hainan seperti 500 gram daging ayam muda yang masih segar, silakan potong menjadi 4 bagian atau sesuai selera, serta tambahkan 1.000 mill air biasa.
  • Bumbu untuk ayam hainan diantaranya 5 siung bawang putih yang dimemarkan, 2 batang daung bawang yang dipotong 2 cm, 3 cm jahe yang dimemarkan, ½ sendok lada bubuk, 2 sendok teh garam, dan ½ sendok teh gula.
  • Bahan pembuat semur telur seperti 5 butir telur yang direbus lalu dikupas kulitnya, 5 sendok makan kecap manis, 400 mill air biasa, dan 3 sendok makan minyak goreng.
  • Bahan bumbu semur telur diantaranya 4 siung bawang putih yang dihaluskan, 3 butir bawang merah dihaluskan, ½ sendok teh lada bubuk, ½ sednok teh garam, dan ½ sendok teh gula.
  • Bahan pembuat saus ayamnya, seperti 2 sendok makan saus tiram, 2 sendok teh minyak wijen, 1 sendok teh gua pasir, dan 2 sendok makan air biasa.
  • Bahan pembuat kuahnya seperti 150 gram tulang ayam dan 500 mill air biasa.
  • Bumbu kuah dan taburan diantaranya ½ sendok teh lada bubuk, ¼ sendok teh gula pasir, ½ sendok teh garam, dan 3 batang daun bawang yang diiris sekitar ½ cm.

Cara membuat nasi hainan khas China
  1. Untuk pembuatan nasi hainannya Anda tumis dahulu bawang putih sampai harum, kemudian masukan bahan serta bumbu yang lain, adauk-aduk sampai airnya mengering dan habis. Kemudian kukus nasi aronan sampai matang, atau sekitar 30 menit.
  2. Untuk pengolah ayam hainannya, silakan Anda didihkan air, lalu masukan daging ayam beserta bumbunya, masak sampai daging ayamnya matang sempurna dan bumbu meresap, setelah kuahnya tinggal setengahnya, Anda angkat dan sisihkan dahulu.
  3. Untuk pembuatan semur telur, Anda tumis bawang putih dengan bawang merah sampai harum, kemudian tambahkan air, lalu diamkan sampai mendidih. Lanjutkan dengan memasukan telur, kecap beserta bumbu lain, dan masak sembari mengaduknya hingga air tinggal setengahnya, angkat dan sisihkan.
  4. Untuk mengolah saus ayamnya, silakan Anda campur semua bahan yang dipersiapkan, dan campur sampai rata, sajikan diatas potongan ayam hainan yang sudah Anda buat tadi.
  5. Untuk mengolah kuah, silakan Anda rebus dahulu airnya sampai mendidih, lalu kecilkan api dan masukan tulang ayam beserta bumbu, masaklah sampai mendidih. Angkat dan sajikan bersama dengan taburan daun bawang.

Resep nasi ayam hainan yang kami berikan diatas, dijamin memiliki cita rasa yang sangat luar biasa lezatnya dan akan sangat pas dilidah Anda. Untuk mengetahui resep masakan nasi khas China lainnya, silakan baca : Resep Nasi Goreng Seafood Khas China.

0 komentar