Resep Cara Membuat Telur Asin Dengan Abu Gosok

Tidak lengkap rasanya jika setiap mengkonsumsi makanan sehari hari tidak ada telur asin. Jenis olahan telur ini dapat menjadi pelangkap pada saat anda tengah mengkonsumsi hidangan makanan. Rasanya yang asin ditambah dalam mengkonsumsinya tidak ribet dan tidak perlu digoreng tentunya juga dapat menjadi pilihan a anda untuk menyediakan telur asin ini sehari harinya. Sebenarnya telur asin dapat dengan mudah anda temukan dan beli di pasar atau toko terdekat. Namun, jika anda ingin mengkonsumsi telur asin ini, dan ingin membuatnya sendiri di rumah, maka tidak ada salahnya anda mencoba resep cara membuat telur asin abin gosok berikut ini. Tentunya ketahui juga manfaat apa saja yang dapat anda dapatkan dari mengkonsumsi telur asin ini setiap harinya.

Cara Membuat Telur Asin Dengan Abu Gosok
gambartelur asin segar

Manfaat telur bebek asin bagi kesehatan
Beriku ini perlu anda ketahui beberapa manfaat telur bebek asin bagi kesehatantubuh anda


1.Manfaat makronutrisi
Dalam telur bebek terkandung kalori yang berasal dari protein, lemak dan karbohidrat. Jenis protein yang berasal dari telur bebek memiliki kualitas yang tinggi, dimana setiap butir dalam telur bebek mengandung 9 gram protein dan 9,6 gram lemak serta 1 gram karbohidrat.

2.Manfaat Vitamin
Banyak sekali asupan vitamin yang terkadung dalam telur itik, seperti vitamin A dan vitamin B12. Dimana sangat dibutuhkan peran vitamin A untuk pengembangan sel baru dan menjaga jaringan serta penglihatan. Dan vitamin B12 berguna untuk kesehatan syaraf  dan meningkatkan fungsi sel darah merah.

3.Manfaat Mineral
Dalam telur itik juga terdapat kandungan unsure mineral yaitu selenium dan zat besi. Dan agar fungsi kekebalan tubuh dapat terdukung, maka sangat dibutuhkan selenium, serta selenium dapat berguna juga untuk membuat kelenjar tiroid. Sedangkan zat besi dapat berguna untuk membantu sel darah merah menganggung oksigen dan memproduksi energy.

4.Efek samping
Yang perlu anda ketahui adalah kandungan kolesterol dalam telur bebek jauh lebih tinggi dari telur ayam. Tentunya, demi kesehatan jga, janganterllau banyak mengkonsumsi telur bebek tersebut, dan usahakan sesuai dengan batasan saja.

5.Tinggi natrium
Sementara itu, telur ebbek yang diasinkan kebanyakan juga berasa sangat asin. Sehingga bagi anda yang menderita darah tinggi sebaiknya mewaspadai, sebabgaram sangat tinggi natrium, dimana jika terllau banyak mengkonsumsinya maka akan berakibat tidak baik bagi tekanan darah.


Bahan untuk membuat telur asin:
  • Telur bebek, 
  • Abu gosok,
  • Garam dan 
  • Air saja.
Cara membuat telur asin dengan abu gosok:
  1. Siapkan telur bebek dengan kualitas yang bagus, jangan telur yang retak atau busuk
  2. Bersihkan telur bebek dari berbagai kotoran yang melekat dengan air
  3. Setelah telur bebeknya bersih langsung keringkan dengan kain, usahakan hati hati jangan sampai pecah
  4. Buat adonan telur asin dengan cara mencampurkan abu gosok dan garam dengan takaran 1 banding 1, jadi abu gosok 1 kilogram maka garam nya pun 1 kilogram
  5. Tambahkan air sedikit ke dalam adonan lalu diaduk sampai tercampur dengan rata
  6. Bungkus telur bebek dengan adonlah an secara hati-hati dengan merata, hal yang perlu di perhatikan adalah bungkus telur dengan adonan sekitar 1 sampai 2 mm
  7. Setelah semua telur bebek telah terbungkus dengan adonan secara merata, simpanlah didalam wadah atau ember plasik selama 15 sampai 20 hari agar rasa asin yang ada pada adonan meresap.
  8. Simpanlah di tempat yang bersih dan terbuka
  9. Setelah selesai proses pengasinan, bersihkanlah telur bebek dari adonan lalu rendamlah telur bebek dalam the yang telah di larutkan kurang lebih selama 8 hari
  10. Setelah 8 hari maka telur siap untuk di rebus dan siap untuk di makan.

0 komentar