Resep Sate Lilit Bali, Enak Nan Cantik

Resep Sate Lilit Bali, Enak Nan Cantik - Sate lilit bali, sesuai dengan namanya adalah sebuah makanan khas yang berasal dari bali. Sate lilit ini merupakan sajian yang dibuat dari daging cincang yang dibumbui dan kemudian dililitkan pada batang sereh, agak berbeda memang dengan sate pada umumnya.


Banyak sekali orang bahkan turis mancanegara yang menyukai sate lilit bali ini. Karena memang rasanya yang enak, empuk dan eksotis. Ketika anda pergi ke bali sebaiknya jangan sampai melewatkan untuk merasakan makanan ini langsung dari tempat asalnya. Karena tentu akan memberikan sebuah kesan yang berbeda jika yang membuatnya orang asli bali dengan yang bukan.

Sate lilit bali ini bisa anda jadikan varian masakan daging untuk sarapan atau sesi makan lainnya. Selain untuk makanan keluarga, sate lilit ini juga cocok untuk dijadikan menu saat ada acara-acara. Untuk membuat sate lilit bali tidak terlalu sulit, jadi anda tidak perlu khawatir. Bagaimana cara dan bahan untuk membuatnya? Silahkan dicek di bawah ini.

Pertama, bahan yang perlu anda persiapkan
  • 50 gram tepung kanji
  • 500 gram daging yang digiling (ayam/ sapi/ kambing) 
  • 10 batang serai yang sudah dibersihkan (untuk tusuk sate)

Bahan untuk dihaluskan

  • ketumbar1/2 sendok teh
  • 1 ruas jari kunyit 
  • 1 ruas jari lengkuas 
  • 3 butir kemiri (sangrai atau bakar sebentar) 
  • 2 lembar daun jeruk 
  • gula dan garam secukupnya

Proses pembuatan Sate Lilit Bali
  1. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan, tepung kanji dan daging hingga merata. Fungsi campuran tepung kanji adalah agar adonan daging bisa menempel pada batang serai saat dililitkan.
  2. Kepalkan atau lilitkan daging ke batang serai yang sudah dibersihkan. Buat memanjang dan tidak terlalu tebal. 
  3. Kemudian panggang di atas Teflon atau arang, terserah anda. Bolak-balik sate ketika memanggang, lakukan kurang lebih 10-15 menit. Tapi anda juga bisa memperkirakan sendiri tingkat kematangannya. 
  4. Ciri-ciri sate lilit bali sudah matang biasanya akan tercium aroma wangi dan warna daging sudah berubah. Sajikan di atas piring.
Demikian resep dan cara membuat sate lilit bali yang lezat dan cantik. Semoga bisa mengobati rasa penasaran dan kerinduan anda pada sate ini. Salam makan!

0 komentar