Cara Membuat Yoghurt Mudah Sendiri di Rumah

Dalam membuat yoghurt sebenarnya mudah, memang perlu kesabaran dalam membuat yoghurt ini. Namun vitamin yang terkadung dalam yoghurt ini sangat baik untuk tubuh. Yoghurt sangat baik untuk anak anda, terutama untuk anak anda yang berusia masih anak anak, karena mengandung energi 52 kkal dan kalsium 120 mg. Yoghurt buah mungkin yang paling dicari orang saat ini, terlebih dengan yoghurt buah strowberry. Cara membuat yoghurt sendiri dengan yakult juga bisa anda coba di rumah saat ini, namun untuk lebih baiknya anda mencoba membuat yoghurt dengan mengunakan susu cari sebanyak 1 liter. Dan berikut ini adalah bahan dan resep yang bisa anda persiapkan untuk membuat yoghurt sendiri secara mudah di rumah.

Cara Membuat Yoghurt Mudah Sendiri di Rumah
gambar yoghurt mudah

Bahan resep yoghurt :
  • Sediakan susu cair sebanyak 1 liter.
  • Sediakan gula pasir sebanyak 1 sendok makan.
  • Sediakan yoghurt plain sebanyak 50 ml, iya itu yoghurt yang telah jadi.
  • Sediakan es batu secukupnya, untuk proses mendinginkan olahan.
  • Air matang secukupnya.
Resep cara membuat yoghurt mudah sendiri di rumah :
  1. Untuk yang pertama, anda bisa menungkan susu cairnya pada satu panci, lalu di tungkan air matang pada panci ke dua. Di proses ini gunakan 2 panci.
  2. Lalu panci yang ke dua yang berisi air di letakan di atas api, lalu di bagian atasnya di tindih lagi dengan panci yang berisi susu ke dalam panci yang ini air. Untuk proses ini agar tidak mempengaruhi rasa pada susu, dan akan tetap murni rasanya, kira – kira hingga susunya bersuhu menjadi 80 – 85 derajat.
  3. Terus panci yang isinya rebusan susu di angkat, lalu di simpan pada wadah atau baskom yang sebelumnya telah di isi es batu, agar suhu menjadi turun setengah nya dengan cepat, sesudah itu di masukan lah yoghurt plain, di aduk sampai merata.
  4. Di pastikan lah bahan pembuatan yoghurt tetap suhunya hangat, selanjutnya di masukan pada wadah yang tertutup rapat dan juga harus sangat steril.
  5. Lalu di diamkan yoghurt nya sampai beberapa jam, atau yoghurt memiliki tekstur yang kental dan juga mirip sepeti custard, dan juga memiliki aroma yang mirip seperti keju. Untuk mendiamkan tergantuk kelamaan nya akan jadi semakin kental dan juga asam.
  6. Sesudah itu yoghurt tinggal di masukan ke dalam freezer, untuk menjadi dingin dan segar.
  7. Keluarkan dan yoghurt sudah siap di sajikan.

0 komentar